Gaya Hidup Seimbang Konsumsi Pristine 8+
















Sebagai pelari kegiatan lari adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan dalam seminggu. Ada race  (lomba) atau tidak tetap melakukan kegiatan lari atau sekedar jogging.
Selama senin hingga jumat kita bekerja banting tulang untuk fokus dan menghadapi stress selama bekerja di kantor. Berkutat seputar pekerjaan kantor terkadang tercipta ketegangan dan tekanan yang tidak bisa kita hindari sebagai pekerja. Biasanya seminggu kalau tidak ada jadwal race dalam waktu dekat, saya hanya cukup melakukan lari di hari weekend yaitu pada hari Sabtu di Ragunan bersama teman-teman EJR Rosella ( Extraordinary Jakarta Runners) Ragunan Selatan dan di hari Minggunya long run di kawasan CFD (Car Free Day) Sudirman Thamrin.

Pendingingan setelah lari 




Kenapa air alkali ?

Air mempunyai peranan yang cukup besar dalam tubuh manusia. Terkandung 60% cairan yang mempunyai banyak peran seperti pelarut, pengatur suhu tubuh hingga penyedia mineral. Bertugas sebagai penyedia mineral, untuk itu sangat dianjurkan untuk menjaga stabilitas fungsi tubuh. 


Menjaga kesehatan tubuh dimulai dari hal yang paling sederhana dengan mengkoknsumsi air minum alkali setiap harinya.  Selain berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat. Tapi apakah air minum yang kita konsumsi sudah cukupkah untuk mendukung gaya hidup sehat kita? Karena minum air saja tidak cukup sebagai pelepas dahaga saja.

Air alkali dapat berperan dalam mengembalikan pH tubuh dalam kendisi normal. Nah, terbukti kan kalau air alkali dapat menjaga kesehatan tubuh  lebih baik. 
air mineral dengan pH8+ atau air alkali- Prestine8+







Mari kita kenali cara minum air alkali dengan cara yang benar dan diwaktu yang tepat tentunya.Kita perlu mengetahui juga waktu-waktu yang penting dalam mengkonsumsi air alkali dalam setiap harinya.  yaitu :


  1. Pagi hari setelah bangun tidur
  2. Sebelum mandi
  3. 30 menit sebelum makan
  4. Ketika merasa kelelahan
  5. Sebelum dan setelah berolahraga
  6. Sebelum tidur
  7. Ketika sakit




get your freedom 







Bagaimana menjadikan hari-hari terasa lebih menyenangkan terbebas dari tekanan sungguhlah impian semua orang. 
Ketika ada rencana race, persiapan harus sudah mulai latihan sesuai jadwal yang ditentukan. Misalnya bulan Desember esok ada jadwal race Jakarta City Marathon, nah bulan Oktober waktunya untuk latihan sampai dengan race day. Biasanya menu latihan akan di berikan oleh pelatih yang sudah kita percaya dengan syarat kita benar-benar melakukan dengan hati sungguh-sungguh.

Lelarian di Ragunan zoo, sabtu pagi with EJR Rosella

Supaya hasilnya pun akan terlihat nyata sesuai target. Selama tahin 2018 ini saya mengikuti race *half marathon* belum sampai naik kelas ke *full marathon*. Setiap minggunya ada total menu lari sekitar 30K harus dilakukan dan dibagi saja dalam seminggu. Senin biasanya waktunya rehat, tidak ada  boleh ada jadwal lari dikarenakan setelah melakukan long run di hari minggunya. Sebagai pekerja kadang sulit banget menyesuaikan dan konsisten dengan menu yang diberikan oleh pelatih. 

Misalnya kita harus lemburlah atau paginya tidak bisa lari page dulu sebelum bekerja arena kesiangna bangunlah dan lainnya. Atau waktu latihan interval di hari selasa atau kamis di GOR Soemantri Bojoenegoro atar di GBK (Gelora Bung Karno) Senayan harus dilakukan sepulang bekerja. Ketika tidak ada jadwal race, tetap melakukan long run atau minimal lari 15K sudah cukup memupuk endurance.


pecah telor under 3jam race Half Marathon 2018, meski nyaris 3 jam juga hahaha


Pada kenyataaannya kemang sulit dilakukan menyesuaikan jadwal yang padat dan membagi waktu antara pekerjaan kantor dan jadwal latihan penuh selama seminggu, selalu ada bolongnya. Kadang terbersit di kepala, pingin rasanya bisa full latihan dan mau tau hasil konkretnya seperti apa. Sampai saat ini baru bisa pencah telor pencapaian target Half Marathon under 3 jam baru di Surabaya Marathon 2018 lalu dibulan Agustus dengan catatan juga nyaris 2 jam 50 menit. Yah cukup puas sebenernya waktu itu lagi demam parah. Sehari sebelum terbang dari Jakarta ke Surabaya sudah bengek atau demam, batuk dan pilek.


EJR Runners (Extraordinary Jakarta Runners)


Itulah terkadang kita harus bisa menghadapi drama ketika raceday,  superti halnya kehidupan kita tidak bisa menyerah begitu saja ketika menghadapi masalah bukan. ?
Setiap race ada macam-macam drama yang saya hadapi, waktu Maybank Bali Marathon 2017 saya cedera.  Mendadak  badan reflek rotase ke kanan karena BIB tiba-tiba terlepas dari dada.  Setelah mendapatkan BIB dan mulai memasang lagi, kaki terasa terkilir di KM 15. Terseret-seret kaki terasa nyeri sampai ke pantat. Ya Allah ga enak banget rasanya di bagian lutut. Perjuangan sampai finish pun dengan muka yang tidak terkontrol menahan nyeri. Sorak -soray dari teman-teman EJR memanggil  Omith…. Mitaaaa.. . go go Omith go go Mita ayooo kamu bisa sampan finish kaki diangkat…..nama saya supaya kontrol muka karena ada tukang foto dekat garis finish.
 Oh Gosh, sampai finish langsung cari lokasi medis dan dikaki kanan mulai di beresin oleh medis.Saat itu cuma bisa pasrah dan tiba-tiba gelap saya sepertinya pingsan dalam maktu beberapa detik tidak sadar. Tau-tau sudah dibangunkan oleh mas, pihak medis supaya saya minum air yang dia berikan.

Temen2 Lari di Surabaya


Sejak saat itu saya tidak bisa lari diatas 10K atau di tanjakan dan naik turun tangga. Bersyukur saat pulang kampung ke Surabaya, kenal teman-teman IndoRunners Surabaya (IR Surabaya) di bantu pemulihannya. Baru tau kalau saya kena ITBS dan harus mengikuti rangkaian treatment untuk pemulihannya.

Tak lupa setiap ke Surabaya, Long Run  CFD Darmo - Tunjungan - Tugu Pahlawan bersama teman-teman dari berbagai kominitas yang ada di Surabaya yaitu Rebyek, PLN Runners,  Delta Runners, BRI Runners, dan Riot Surabaya lainnya. Bahagia rasanya dimana-mana seperti punya saudara.

dok Rebyek, race cleo half marathon

Mulai ikutan race th 2018 awalnya di Jogja Marathon 2018 lalu Surabaya Marathon, Bromo Marathon dan yang paling gress Electric Jakarta Marathon 2018  atau yang biasa disebut Jakarta Marathon. Berubah nama sejak main sponsornya berganti PLN bukan lagi Bank Mandiri. 


Road to TNI Mrathon 2018 with Riot Indonesia, doc by Ayomotret


Awal oktober saya terkena amandel dan radang. Mencoba tetap hidup seimbang selain berolahraga juga mengkonsumsi air minum alkali dalam 2 minggu terasa bedanya.
Biasanya asam lambung kambuh naik ke uluh hati, kita stress atau kondisi terlelah. Weekend membawa air alkali Pristine 8+ lari di area Ragunan bersama anak saya, Bre sekedar jogging berkeliling dan menikmati udara supaya mempercepat penyembuhan serta setiap hari mengkonsumsi air alkali Pristine 8+. Sudah was-was nanti kalau di minggu menjelang raceday masih demam, alaam tidak bisa ikut Electric Jakarta Marathon 2018.  Oh tidak!


jogging pagi bersama Bre at Ragunan Zoo
Terbukti alhamdulillah saya akhirnya bisa mengikuti race - Electric Jakarta Marathon 2018 meskipun dalam kondisi masih recovery. Terimakasih Pristine 8+, membantu proses penyembuhan saya. 





Apa itu pH8, pH baik untuk tubuh


Yang kita tahu, konsumsi air mineral setiap hari sudah dirasa cukup untuk memenuhi kriteria pelengkap hidup seimbang.
Didalam air mineral terdapat kandungan pH yang menentukan kandungan pada air tersebut.
pH atau Potential Hydrogen merupakan drajat yang menentukan tingkat keasaman tau kebasaan dari larutan atau cairan.

Rentang satuan pH antara 1-14 dengan pH netral yakni pH 7, semakin tinggi angka pHnya maka akan semakin basa larutan atau cairan tersebut demikian sebaliknya.
Nah kalau yang punya mag, bisa  mencoba minum air alkali Pristine 8+ bantu mengurangi tingkat ke asaman dalam lambung, hingga menjadi netral.


Jangan pernah nahan minum selama jogging atau lari 

Air mineral dengan kandungan pH 8-9 yang disebut sebagai air alkali. Air minum dental pH tinggi mempunyai kandunga yang renderung basa seringa mempunyai rasa yang cenderung pait namun mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Air alkali dengan pH 8-9 mampu menurunkan asam lambung karena sifatnya yang basa. Selain itu, air alkali juga mampu meningkatkan kekuatan tulang melalui kandungan bikarbonat dan kalsium tinggi yang terkandung didalamnya.

Konsumsi air mineral setiap harinya bisa menjadi cara untuk mencegah hadirnya berbagai penyakit. Namun, pastikan  mengonsumsi air dengan kandungan alkali seperti Pristine8+. Karena, kandungan pH Pristine 8+ bisa membuat tubuh senantiasa terhidrasi sekaligus melakukan detoks tubuh secara alami.

Half Marathon  at Bromo Marathon 2018


Baru pertama kalinya saya mengikuti race Half Marathon  di Jakarta, memang di rasa persiapan kurang  jadi harus cukup bersyukur dengan hasilnya. Sebenarnya setelah pecah telor under 3 jam harusnya tetap bisa consistent di under 3 jam juga. Sayangnya kemarin memang kondisi tidak memungkinkan di KM 9-10 badan sudah kurang nyaman buat berlari. Terbersit untuk DNF (Did Not Finish), sekujur badan basah kuyup, cuaca lembab. Merasa dehidrasi yang lumayan cukup parah, engap ditambah tanjakan di latuhar-hari membuat mulai kram di kaki timbul. Minum air mineral saja tidak cukup. Tidak ada penjual bahkan tidak melewati supermarket, saya merasa sakau Prestine 8+. Ingin minum air alkali namun sayang tidak menemukan. Itulah sesal kemudian, botol pristine 8+ tertinggal di kendaraan. Terbersit ah nanti bisa beli kali melipir ke supermarket teredekat. 

finisher Half Marathon medals - Electric Jakarta Marathon or Jakarta Marathon 2018

Mental harus disiapkan untuk menghadapi drama ketika race, tidak ada kata menyerah namun tetap tahu kondisi badan kita sendiri dan mangan pernah memaksakan. Yang tahu kondisi badan kita ya kita sendiri bukan orang lain. Alhamdulillah finish dengan catatan wake 3 jam 8 menit, sesuai prediksi.


Apakah kapok mengikuti marathon ? tentu TIDAK!!
Kejar lagi dengan persiapan yang lebih matang :)

Berlari membuat kita bahagia, melepas semua ketegangan, membuang rasa takut, memupuk kepercayaan diri, sehat senantiasa. Pernah ditanyain seorang teman, kenapa sampai sekarang senang olah raga lari tujuannya apa ? jawabannya untuk mencapai finish tentunya dengan target tertentu.  Seperti halnya hidup selalu punya target dan tujuan masing-masing, bagaimana cara kita masing-masing untuk mencapainya. Ketika kita bisa menghadapi drama dan cobaan setiap usaha yang dilakukan. Itulah seninya dan percayalah itulah keberhasilan yang kamu dapatkan yang terbaik saat itu.


  ----------Keep your self a live ~ Queen






7 comments:

  1. Baru tahu kalau Pristine 8+ selain buat hidrasi juga bisa buat detoks tubuh. Makin penasaran, pengen beli Pristine 8+ :)

    ReplyDelete
  2. Saya sering beli Pristine tapi lum tau apa bedanya dengan merk lain, disini saya tau banyak tentang manfaat kandungan pH yang ada di Pristine 8+

    ReplyDelete
  3. Wuah aku pernah belajar tentang air alkali nih
    Ya memang peneliti sekarang ini makin kreatif dan pintar untuk menyuguhkan air sesuai peruntukannya. Termasuk alkali ini, yg dibikin sesuai manfaatnya
    Tapi ada beberapa nutrisi atau mineral yang hilang sih, soalnya kan lebih banyak alkalinya

    Aku belum nemu air alkali ini nih di kotaku

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata manfaat pristine cocok juga untuk olahragawati ya.. kalau aku emang suka rasanya yg segar. Beda deh dgn air mineral kebanyakan. Kayaknya 5 botol sehari yg 600 ml baru terasa cukup. Tidur jg jd Lebih nyenyak. Mungkin krn Ada efek detox nya ya

    ReplyDelete
  5. Jadi makin penasaran dengan prestine. Apalagi setelah tahu manfaatnya yang ya hanya sebagai air minumnbiasa. Tapi ditempatku belum ada produk ini

    ReplyDelete
  6. Prestine ya, belum pernah coba sih tapi kayanya ni minuman yang cukup mahal ya, tapi ternyata dibali mahalnya prestine bagus buat kesehatan juga ya dan anti dehidrasi deh minum si prestine ini. Jdi penngen coba nih

    ReplyDelete
  7. Sepertinya cocok juga untuk penderita maag kronis ...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.