Menancap di Bumi, Menembus Langit


Bukan hal yang berlebihan ketika menyebutkan program "Menuju Indonesia Merdeka Sinyal" dengan istilah 'Menancap di Bumi, Menembus Langit'. Bagi kita yang tinggal di kota besar, urusan sinyal mah gampang, bisa diakses dimana saja bahkan gratis menggunakan wi-fi di cafe-cafe, kantor, working place bahkan di stasiun KRL kini bisa menikmati wi-fi gratis. Beda halnya dengan masyarakat Indonesia di Indonesia Timur maupun di desa-desa yang sangat susah mendapatkan sinyal.

Demi menyuguhkan sinyal ke seluruh pelosok Nusantara, pemerintah menanam serat optik serta menggelarnya di lautan melintasi pulau demi pulau. Di sisi lain, struktur geografis Indonesia tak memungkinkan serat optik ini ditanam di seluruh penjuru negeri.

Namun, dengan bekerja sama dengan Perusahaan Pasific Satelit Nusantara (PSN), sebuah operator satelit swasta tertua di Indonesia, membuat Indonesia merdeka dari sinyal menjadi mungkin dengan membuat 'Proyek Langit', yaitu peluncuran satelit yang akan menaungi Indonesia dengan sinyal.



Ya, Menancap di Bumi, Menembus Langit.

Diskusi "Menuju Indonesia Merdeka Sinyal" ini disampaikan dalam Forum Merdeka Barat, 10 April 2019 dengan 4 Narasumber utama, yaitu : Bp. Janu Suryanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian; Bp. Ir. Anang Latif, ST. M.Sc, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti); Bp. Meidiyanto Andwiputro, GM Marketing PT Pasific Satelit Nusantara; Bp. Aba Maulaka (Kepala Dinas Kominfo Provisnsi NTT).
Narasumber Forum "Menuju Indonesia Merdeka Sinyal"
(Sumber Foto : Dokpri)


Bapak Anang menyebutkan bahwa Pemerintah kini sedang mengembangkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal yang ngebut, internet cepat ke pelosok de desa, terutama di bagian selatan dan timur, karena untuk Indonesia bagian barat telah digarap oleh provider. Sementara, bagian selatan dan timur Indonesia merupakan daerah yang secara bisnis tidak layak karena tingginya nilai investasi dengan jumlah pengguna yang rendah. Namun, disinilah peran pemerintah untuk menggarap sektor ini, menghadirkan sinyal 4G walau tanpa menuai profit.

Dapat kita bayangkan pesatnya lalu lintas internet Indonesia di masa depan. Jika kamu merupakan pelaku bisnis, maka sudah saatnya beralih ke bisnis online, tentunya dengan strategi yang lebih luar biasa lagi. Pesatnya internet juga akan memudahkan masyarakat Indonesia memasarkan hasil buminya.

Bukan hanya di sisi bisnis saja yang akan mengalami peningkatan, namun di segi yang lain seperti kesehatan, pendidikan akan dapat lebih mudah diakses dengan adanya Internet yang cepat. Indonesia akan semakin maju!

Hadir pula di forum ini, perwakilan dari pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Menkominfo yang telah mendukung penyediaan jaringan cepat di NTT. Siswanya dapat mengikuti UNBK dengan baik, serta warga menjadi bahagia karena bisa berkomunikasi menggunakan fitur video call dengan sanak saudara yang berada di luar NTT. Bahkan, kini di NTT sudah berkembang layanan pemerintah berbasis elektronik. Wow! NTT kini tidak lagi susah sinyal.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, saya mendukung dan mendoakan program pemerintah ini terealisasi dengan baik, lancar dan akan membuat Indonesia semakin sejahtera ^_^.




29 comments:

  1. Yes, kita dukung upaya pemerintah menghadirkan pemerataan pembangunan, termasuk penyediaan jaringan konektivitas internet untuk semua lapisan masyarakat. Sukses Kak!

    ReplyDelete
  2. Semua daerah di Indonesia harus bisa mendapat akses internet yang memadai supaya informasi dapat merata. Apalagi di zaman modern ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan sinyal internet yang bagus. kalau merata maka makin mudah penduduk mendapat pekerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, apalagi kalau suka jalan-jalan ya kak :D

      Delete
  3. semoga program pemerintah ini berjalan dengan baik ya mas, karena lumayan juga kan apabila pelosok daerah di indonesia bisa mendapatkan sinyal yang layak untuk berkomunikasi di zaman yang modern ini

    ReplyDelete
  4. Semoga proyek palapa ring berjalan dengan lancar sehingga indonesia bagian timur bisa menikmati internet lancar tanpa hambatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, apalagi kalau mereka juga memasarkan hasil buminya ya

      Delete
  5. Amin ya robbal alaminn
    kuberharap juga demikian mbak
    Supaya saudara2 di pulau2 bagian timur ikut merasakan dan menikmati kecanggihan internet secara puas dan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, dan nanti transportasi kesana semoga bisa murah juga yaa

      Delete
  6. semoga semua program baik untuk masyarakat Indonesia berjalan lancar tanpa hambatan

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu ada Palapa Ring. Bagus lah biar Internet makin kencang jadi yang pakai Internet bisa tambah mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tujuannya supaya dapat sinyal ngebut dengan harga murah

      Delete
  8. Bahagia banget ya kalau Indonesia bisa merdeka sinyal di seluruh bagiannya. Ada banyak manfaat pastinya yang bisa dirasakan dengan adanya internet. Tapi semoga selalu diimbangi dengan bijak berinternet

    ReplyDelete
  9. Waah...jaman sekarang, inet harus cepet yaa...
    Korea Selatan aja uda bisa pakai 5G.

    Kebayang Indonesia di masa depan...dan profesi yang ditekuni anak-cucu kita nanti..

    Aah~
    Semoga internet bisa membawa kebaikan untuk setiap penggunanya.

    ReplyDelete
  10. wah iya ya sekarang UNBK butuh jaringan internet. Jadi perubahan beesar juga untuk dunia pendidikan ya, makin maju

    ReplyDelete
  11. Ehem. Tidak menutup kemungkinan bahwa 5 tahun lali kita akan melaksanakan pemilu online. Hehhe.


    Duh maap maap, masih belum bisa move on dari pemilu kemarin. Efeknya masih terasa, haha

    ReplyDelete
  12. Penting bgt inimah koneksi internet, terutama daerah terpencil di Indonesia. Sekarang2 mau gimana pun semua via online. Bahkan test masuk peguruan tinggi hrs daftar melalui online.

    ReplyDelete
  13. Semoga sinyal makin merata dan makin lancar jaya sampai ke pelosok negeri. Sekarang kan zamannya online

    ReplyDelete
  14. Ikut senang membaca kabar menggembirakan dari tanah NTT ini. Semoga pembangunan di bidang IT terus berkembang ke seluruh pelosok negeri Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Ada juga namanya Desa Broadband yang tujuannya agar daerah 3T dan perbatasan nantinya tetap eksis, perekonomian pun berhm

    ReplyDelete
  16. Wah senangnya denger kabar kalo temen-temen di NTT juga bisa mendapatkan sinyal yg kuat . Oh iya FMB juga mampir di Banjarmasin bulan kemaren

    ReplyDelete
  17. Semoga program Palapa Ring ini bisa benar-benar terwujud, demi pemerataan sinyal internet di seluruh Indonesia :D

    ReplyDelete
  18. Program ini memang sangay dinanti masyarakat NTT. Bayangin aja, waktu aku dapat project di sana aku juga mengalami susah sinyal. Semoga dengan program ini mereka bisa memanfaatkan jaringan internet untuk kemajuan provinsinya*

    ReplyDelete
  19. Semoga proyek ini bisa benar-benar terlaksana tanpa hambatan, semoga juga anggarannya tidak kena korupsi dan apa yang tertuai di RAB benar-benar tercapai. Kasihan jauhnya selisih perencanaan dan hasil kerja yang membuat fasilitas kita jadi abal-abal. stay positif :D

    ReplyDelete
  20. muhammad solehuddin9:41 PM

    nice info!! can't wait to your next post!
    comment by: muhammad solehuddin

    ReplyDelete
  21. With its recent launch, Slots Empire certainly one of the|is among the|is doubtless one of the} greatest cellular on line casino sites ์นด์ง€๋…ธ์‚ฌ์ดํŠธ and it’s steadily growing in each section of its assortment. There quantity of} things|are some things} to understand concerning the site, corresponding to its crypto cost options like Bitcoin and Ethereum. The site has a good choice of categorized video games that embrace seven blackjack variants and eight video poker options. It additionally entices players that appreciate basic slots and poker video games. Classic slot titles embrace Farming Futures, Mermaid’s Quest and Treasure Trail.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.