Keseruan Hari Pertama Sekolah



Pengenalan Hari Pertama Sekolah


Saat anak beranjak umur 3-4 tahun, pastinya ibu-ibu mulai berfikir mencari sekolah terbaik untuk anaknya kelak. Ada juga untuk umur 2 tahun beberapa sekolah bermain sudah menyediakan. Searching lokasi dan fasilitan yang ditawarkan oleh masing-masing sekolah sangat variatif tentunya tetap berpedoman ono rego yo ono rupo, kalau kata orang jawa.

Ada yang berfikir, anak akan disekolahkan yang bagus tapi mahal tapi tidak masalah, wong mampu koq. Nah lho tidak hanya itu sih yuk mari kita bedah lagi. Memilih sekolah yang berkualitas bagus tentunya link yang akan didapat oleh si anak kelak juga bagus. Lantas kalau kita ambil yang biasa saja apa iya kita tidak mendapatkan link yang bagus? yap pertanyaan bagus. Ya belum tentu juga, sebenernya meskipun berkualitas bagus sama yang tidak atau yang mahal dengan yang murah pun semuanya tetap tergantung si anak yang menjalani sekolah. Apakah dia merasa nyaman, senang dan bisa  bersosialisasi mengikuti ajaran bu guru selama disekolah. Mengenai karakter anak tetap dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Apapun yang di lakukan oleh anak adalah cerminan selama dia di didik di dalam rumahnya. Walaupun disekolah sudah menjadi tanggung jawab sang guru, bukan berarti guru tidak bisa memberikan pembentukan karakter murid.


Nikmatnya bermain




Untuk pendidikan usia dini paud, playgroup dan tk memang sebaiknya dekat dan terjangkau dari rumah kalau bisa malah jalan kaki supaya si anak tidak terlalu stress dijalan kalau jauh-jauh lokasinya. Bisa jadi ketiduran dijalan, istilahnya anak masih belajar adaptasi pengenalan sekolah. Yang jadi masalah adalah bila sekolah itu tidak memenuhi standart yang kita punya.

Bermain ala nahkoda kapal

Kemarin, tepatnya 18 Juli 2016, adalah hari pertama sekolah serentak dicanangkan oleh Kemendikbud RI. 

Aturan Posting di Sosmed Hari pertama Sekolah

Pentingnya mengantar anak di Hari Pertama Sekolah




Betapa bahagianya anak saya, Kenya hari pertama sekolah TK A di antar oleh papinya. 


Kantor suami menganjurkan  mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah



 Tujuan bersekolah selain bermain gembiran, bersosialisasi adalah punya teman, Kenyapunya temen namanya Khansa. Semoga pertemanan kalian berjalan baik hingga tua ya nak, kelak kamu akan mengerti artinya pertemanan dan persahabatan.
Mulai berteman
  Pilihan kami akhirnya kembali di tempat sekolahnya waktu dia paud di Noorini Haruni kawasan Gunuk Jakarta Selatan. Selain dekat dari rumah ada beberapa benefit lain yang menurut saya worth it! mungkin bisa diintip sbb :  
Bre, adiknya Kenya ikut mengantar sekolah hari pertama


1. Kolam renang, dunia anak-anak paling suka berenang dan bermain air :)
2. Arena bermain anak cukup memuaskan, perosotan yang bermacam2
3.  Lumayan jauh dari jalan raya / jalan utama, jadi udara masih segar dan didukung pohon2 yang lumayan banyak
4. Guru-guru yang update ada training untuk peningkatan pengajaran anak didik
5. Komunikatif antara guru, murid dan para orang tua wali murid
6. Ada fasilitas antar jemput sekolah yang biayanya lumayan tidak mahal.  Berkisar antara 250-350 ribu, tergantung jaraknya.
7. Paketan SPP-nya sudah termasuk biaya eks skul, seperti menari, menggambar, main air(berenang), bahasa inggris.  (kekurangan hanya blom ada fasilitas komputer) 







Patung kuda





Kendala yang biasanya para ibu-ibu tidak bisa mengantarkan anaknya sekolah, karena rutinitas bekerja. Bersyukur di sekolah Noorini Haruni sudah menyediakan fasilitas antar jemput. Anak kita akan dijemput dari pintur rumah kita dan diantarkan sampai pintu rumah kita tepatnya sampai bertemu dengan orang yang ada dirumah kita atau sesuai perjanjian. Hati menjadi lebih tenang, daripada menambah si mbak buat nemenin anak sekolah lebih useless dan pembengkak-kan biaya tentunya. Anak dilatih menjadi lebih mandiri dan punya tanggung jawab sejak dini.




Hasil mewarnai hari kedua sekolah




Mungkin bisa jadi masukan  pertimbangan pemilihan sekolah Paud, TB, TK :
1. lokasi, sebisa mungkin tidak jauh dari rumah. Kalaupun macet dijalan separah parah 1jaman lah. Anak bisa stres dijalan, saat sampai disekolah bisa kurang semangat mengikuti kegiatan aka ngantuk :p
2. Fasilitas dan pengajaran 
Tidak menutut Anak menjadi bisa, kalau memang masih sekolah paud-TK  tidak wajar bila mendapatkan PR dari sekolah untuk mengerjakan, Sebenernya selama 2-6 th itu anak tidak dipaksakan untuk mengerjakan peer kewajibannya adalah "BERMAIN"
3. Tetap sesuai kemampuan untuk menentukan sekolah yang dipilih.
4. Tanya rekomendasi dari para orang tua yang sudah bersekolah di tempat yang akan kita pilih apakah sesuai yang kita harapkan atau tidak.



Selamat Sekolah anak-anak Indonesia yang manis dan multi talenta  :3




54 comments:

  1. Dengan kehadiran orangtua di hari pertama dapat menambah motivasi anak dalam belajar. Alhamdulillah kantor ayahanda mengizinkan untuk mengantar ya..semoga ananda dapat bersekolah dengan baik, makin pinter dan sholeh.😃

    ReplyDelete
  2. Pemilihan TK yang agak jauh dari jalan raya juga penting menurut saya. Biar tidak menimbun parkir di jalan dan lebih aman untuk anak. Dulu saya TK masuk di jantung kampung, masih rimbun pepohonan. Tapi sedikit ketakutan kalau nyasar di gang-gang orang. Hahahaha.

    ReplyDelete
  3. Serunya saat mengantar anak ke sekolah

    ReplyDelete
  4. aku kalo liat kolam renang gitu bawaannya jadi mau berenang deh ah :/

    ReplyDelete
  5. Enak ya ada kolam renangnya, pasti jadi lebih semangat sekolahnya :)

    Disini kegiatan renangnya harus di luar, tapi bareng2 berangkatnya naik odong2

    ReplyDelete
  6. ah iya, fasilitas antar jemput jadi pilihan skrg. Ga jamannya lagi deh anak-anak nunggu sampe siang banget ibunya masih macet di jalan :')

    Happy sekolahnya ya sayaaang. Jadi kebanggaan mama papa.

    ReplyDelete
  7. Mungkin boleh saya tambahkan pertimbangan memilih sekolah pd poin ke-5 yaitu faktor kenyamanan diri si anak. Karena setiap anak itu unik. Jadi sebaiknya ortu mengenali pribadi anak dan (calon) sekolah dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Wah..asik banget, ada kolan renangnya. Hampir semua anak senang main air atau berenang. Anak-anak pasti suka lihat fasilitasnya ya...:)

    ReplyDelete
  9. Wah, ada kolam renangnya... Biasanya anak2 memang suka main air.

    Semoga putrinya tambah pinter. :)

    ReplyDelete
  10. Ponakanku masuk PAUD taun kmarin. Pas sekolah skrg nggak mau ditunggui

    Asik ya mbak klo ada tpt main kya gitu

    ReplyDelete
  11. Saya sengaja nyungseb pas hari pertama sekolah... lah, anakku udah pada bujang, udh mau kuliah. Masa kudu dianter, yang ada anaknya bete.. yang kecil belum sekolah, mungkin tahun depan... tp keren sih, acara anter anak ke sekolah. Si anak jadi tau bahwa orangtuanya naruh perhatian

    ReplyDelete
  12. Asikkkk ada kolam renang! Yang suka main air pasti betah ya main-main di sekolah.
    Kenyamanan anak di lingkungan sekolah emang wajib jadi nomor satu untuk pertimbangan ya, mbak. Percuma sekolah mahal, guru-guru bagus, fasilitas lengkap, tapi anaknya ada perasaan ga nyaman, atau malah takut pergi ke sekolah.
    Semoga Kenya terus betah di sekolahnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Saya sengaja nyungseb pas hari pertama sekolah... lah, anakku udah pada bujang, udh mau kuliah. Masa kudu dianter, yang ada anaknya bete.. yang kecil belum sekolah, mungkin tahun depan... tp keren sih, acara anter anak ke sekolah. Si anak jadi tau bahwa orangtuanya naruh perhatian

    ReplyDelete
  14. Mengantr anak sekolah di hari prtama emang sangat mengasyikkan ya mbak, tp berhubung blm punya anak, jadi kmren antar keponakan ke sekolah. Dan ternyata hari pertama sekolah itu baru pengenalan doang haha gak ada pelajaran 😂

    ReplyDelete
  15. ide dan anjuran untuk mengantar anak di hari pertama masuk sekolah menurut saya adalah ide jempolan yang harus kita apresiasi dan dukung. setidaknya dengan adanya anjuran ini, pemerintah sadar akan psikologi anak. juga secara tidak langsung juga memberi pemahaman pada para orang tua untuk tetap meluangkan waktu untuk anak meski tengah sibuk bekerja.
    selamat sekolah kak Kenya :)

    ReplyDelete
  16. Fathan baru masuk sekolah tanggal 20 Juli, hikss...nggak barengan sama sekolah lain. Sekarang naik ke PG, sebelumnya di kelas Todler

    ReplyDelete
  17. Hari pertama masuk sekolah untuk seorang anak adalah momentum yg berharga, priceless but worth it. Ajang merasakan suasana baru, teman-teman baru dan diantar oleh orangtua yg disayangi merupakan salah satu kesempatan berharga.

    Fasilitas sekolahnya cukup lengkap yaa mba omith. Seru bgt nganter anak, kantor juga mendukung kegiatan ini. Super sekali.

    ReplyDelete
  18. Saya sepakat. Asal komunikasi ortu dan guru dijaga, anak belajar bisa, punya teman dan tidak dibully, sudah cukup sih

    ReplyDelete
  19. Saya sepakat. Asal komunikasi ortu dan guru dijaga, anak belajar bisa, punya teman dan tidak dibully, sudah cukup sih

    ReplyDelete
  20. Menurut saya mengantarkan anak sekolah di hari pertama itu sangat penting karena menunjukkan kepeduliaan orang tua kepada anaknya.

    Ngomong2 soal kenya masuk hari pertama sekolah di tk, saya jadi teringat masa2 tk saya dulu. Betapa bahagianya masa tk dulu, hidup terasa tak ada masalah, setiap hari selalu bernyanyi, bergembira, dan bermain dg guru2 tk😊

    ReplyDelete
  21. Senengnya bisa ngantar anak kecil ke sekolah.. cuma belum punya anak, hehehe, pasti seneng banget yah

    ReplyDelete
  22. Koreksi: fasilitan = fasilitas, disekolah=di sekolah, masih banyak seperti dididik dan lain-lain.

    ReplyDelete
  23. Kemarin banyak sekali yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Wah sekolah jadi makin ramai. Ya, setidaknya dengan seperti ini anak lebih diperhatikan. Kan, mungkin nggak setiap hari juga orang tua mengantarkan anak ke sekolah.

    ReplyDelete
  24. Selamat bersekolah... semoga hari-harinya menyenangkan dan seoga betah untuk menyerap segala ilmu yang diberikan bu guru

    ReplyDelete
  25. Senangnya yang sekolah hari pertama yaaa

    ReplyDelete
  26. Wahh, menyenangkan sekali membaca ini. Bisa menjadi pelajaran saya untuk beberapa tahun kedepan.

    Kenya lucu, semoga tetap berteman baik dengan khansa. Bre, nganter kakaknya senang bangetyaa

    Iya, saya setuju tentang pemilihan lokasi. Ada beberapa orang tua yang memaksakan anaknya untuk sekolah di tempat yang "bergengsi" meskipun jauh dari rumah. Padahal ...

    Ah, saya di usia sekarang ini aja pengen banget kerja deket rumah lagi.

    ReplyDelete
  27. Kenya punya sekolah baru dan teman baru.... senangnya. Semoga Khansa selalu jadi teman terbaik. Juga semoga senang di sekolah ya. Duh.. baru hari kedua saja gambarnya sudah bagus ☆_☆

    ReplyDelete
  28. Semoga dengan peran orang tua dalam mengantarkan anaknya ke sekolah mampu membangkitkan semangat dan kenyamanan anaknya, semoga generasi penerus bangsa semakin pintar dalam segala hal :)

    ReplyDelete
  29. Hari pertama sekolah biasanya memang saat-saat yang mendebarkan ya buat si Anak dan orang tuanya hehehehe....

    Sukses selalu buat si kecil ya Kak :D

    ReplyDelete
  30. Setuju mbak dengan saran jarak sekolah sebaiknya yang dekat. Dulu, saya TK sama SD juga jalan kaki.
    Bahkan sekolah saya lebih ke sekolah alam karena dekat dengan sawah. Tiap pulang main di kali. Xixi

    Tapi, jaman sekarang memang berbeda dengan jaman kita ya. Tuntutan jaman semakin banyak, maka fasilitas dan sistem pengajaran di sekolah harus juga menjadi pertimbangan. Agar anak nyaman dan tidak stress mengikuti pelajaran.

    ReplyDelete
  31. Sayang sekali blm pnya anak. Jadi blm merasakan euforia msk sekolah pertama

    ReplyDelete
  32. Sayang sekali blm pnya anak. Jadi blm merasakan euforia msk sekolah pertama

    ReplyDelete
  33. Lengkap banget. Kak omith keren, aktif dan soal anak, sangat peduli.
    Walaupun belum punya anak, aku suka iseng iseng ingin tahu soal anak gini.
    Soal diantar pada hari pertama sekolah, kalau di desa malah jarang. Hahaha. Dulu sempet juga kerja di pabrik asing. Temanku ijin telat buat antar anak, malah dimarahin :(
    Yang semoga aturan kantor, jadi contoh aturan pabrik juga ya kak omith :)

    ReplyDelete
  34. Lengkap banget. Kak omith keren, aktif dan soal anak, sangat peduli.
    Walaupun belum punya anak, aku suka iseng iseng ingin tahu soal anak gini.
    Soal diantar pada hari pertama sekolah, kalau di desa malah jarang. Hahaha. Dulu sempet juga kerja di pabrik asing. Temanku ijin telat buat antar anak, malah dimarahin :(
    Yang semoga aturan kantor, jadi contoh aturan pabrik juga ya kak omith :)

    ReplyDelete
  35. Wah hari pertama masuk sekolah ya Kenya langsug dpt temen baru. Btw, untuk beberaoa sekolah yang mahal memang membawa fasilitas yang memadai memang benar sih. Tapi nggak menutup kemungkinan ada sekolah yg mahal cuma karena gengsi ya, duh.

    Sekolahnya keren ada kolam renang padahal masih TK, tempatku ndak ada ini hehehe..

    Hari pertama mengantar anak ke sekolah ini peraturan yg cukup bagus ya, mungkin belajar dr pengalaman yg sudah-sudah karena ada orangtua yg nggak tau dan tak mengenal situasi sekolah anaknya (sudah terlalu sibuk).

    Selamat mengenal dunia sekolah, kenya :)

    ReplyDelete
  36. Hari pertama sekolah diantar orangtua itu memang selalu jadi momen yang menyenangkan....aku nggak pernah keberatan diantar orangtua walaupun udah SMA...jadi kangen masa2 itu.... :')

    ReplyDelete
  37. asiik udah masuk sekolah, hihi pasti berkesan yaa.. btw bener tuh lebih baik yg deket2 rumah kasian kalo kemacetan dijalan

    ReplyDelete
  38. Jadi ingat dulu, waktu sekolah diantar nyokap pas hari pertama di sekolah baru (naik ke kelas 4 dulu pindah sekolah). Sampai kelas 1 SMP saya yang minta diantar karena terlalu pemalu. Untungnya kelas 1 SMA udah ngga gitu lagi. Haha!

    ReplyDelete
  39. Saya setuju dengan sekolah yang belum menyediakan fasilitas pelajaran komputer.
    Karena screen time untuk anak balita, tidak disarankan.

    Labih baik bermain bersama teman dan alam.
    Keereen niih....sekolahnya punya kolam sendiri...^^

    ReplyDelete
  40. Duh lucu" banget itu anaknya :D sekolahannya bagus...pasti bikin betah anak" deh.

    ReplyDelete
  41. wahh lucu anaknya kak. anak anak memang suka bermain . permainannya masih alami lagi dan tidak ada campur tangan teknologi

    ReplyDelete
  42. dulu waktu pertama kali masuk sekolah hari pertama sy juga diantar orang tua, selanjutnya terbiasa sendiri berangkat bareng temen dan sodara rame-rame, jadi inget masa kecil nih :D

    ReplyDelete
  43. Beberapa kantor sepi karena para ayah mengantarkan anaknya ke sekolah. Dan hari pertama sekolah sebelum-sebelumnya juga ramai dengan para orang tua yang mengantarkan buah hatinya

    ReplyDelete
  44. Hari Pertama masuk Sekolah yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan semoga berkesan dan menambah semangat belajar mereka :)

    ReplyDelete
  45. Waaah.. Di noorini yah.. Adekku dulu tk-nya juga disitu.. Dua puluh tahun yang lalu.. :))

    Selamat menikmati petualangan baru, ken.. :)

    ReplyDelete
  46. Waahh. Asyik yaa udah mulai sekolah. Semoga ini diset private dan hanya utk orang terdekat saja ya. Nanti saya japri di grup yaa.

    Maaf jika tidak berkenan, sekedar mengingatkan. Kadang rasa senang membuat kita kurang waspada :).

    ReplyDelete
  47. Aakkk, jadi pengen punya anak juga. Seru banget ngeliat foto-fotonya. Tapi dr keseluruhan, aku paling seneng foto anak yg di temanin org tuanya di hari pertama, karna peran orang tua gak slesai sampai mengantarkan anak kesekolah aja. Mereka butuh lebih dari itu :)

    ReplyDelete
  48. Ngebayangin kelal kalo jadi orang tua. Kita harus siap ngedampingin dan mengantar anak sekolah. Semangat buat adiknya. Semoga rajin dan pinter. Aamiin.

    ReplyDelete
  49. Setuju dengab mengantar hari pertama ke sekolah dan akan lebih menyenangkan kalau dilanjutkan ke hari berikutnya :). Tapi kantor si Ayah top banget ya mendorong karyawannya untuk antar anak sekolah di hari pertama

    ReplyDelete
  50. Ya ampun keren banget sekolahnya ada kolam renang. Di kantor aku juga kemarin pada masuk siang, nganter anak sekolah dulu

    ReplyDelete
  51. Kebijakan mengantar Anak ke sekolah dari tahun lalu menjadi viral ya, dan semakin banyak orang tua "jaman sekarang yang sibuk dengan karir" yang jadi lebih perhatian dan meluangkan waktu Untuk menemani anaknya ke sekolah. Semoga kelak, bisa menjadi orang tua yang bisa terus mendampingi pendidikan Anak 😆

    ReplyDelete
  52. Wah, diantet papih nya! Itu sesuatu yang dahsyat bagi aku😂😂 hebaaattt kantor suami ngebolehin antar anak nya, mbaa. Hehe
    Perihal antar anak itu sebuah kewajiban, benar memang kewajiban, karena orang tua adalah pengawas utama dan pusat segalanya. Tapi kadang pekerjaan tu yg membatasi

    ReplyDelete
  53. Sekolah ada kolam renangnya? Anti mainstream banget sih paraaaah :D kereeen :D hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.