Enjoy Ramadhan with EJR





Jadwal Latihan EJR selama Ramadhan



Alhamduillah tak terasa ya, kita sudah menjalankan puasa Ramadhan di minggu ke 3. Bagaimana sudah pada biasa puasa jadi lancar ya tahan godaan haus dan lapar. Walaupun puasa tidak hanya menahan haus dan lapar saja tapi hawa nafsu yang lain, eh!  Skip ya … hehe. Yang penting selama berpuasa tetap bugar, sehat dan tentunya jangan lupa "bahagia".


Tarawih Mosque Hopping di Masjid Nurul Iman Blok M Square


Bulan Ramadhan ini saya mengisinya pertama kalinya dengan mengikuti kegiatan road runner class (RRC) yang di adakan oleh komunitas lari  Extra Ordinary Jakarta Runners (EJR). Bahagia rasanya, tahun ini saya bisa mengikutinya. Sebenernya tujuan mengikuti kelas ini adalah persiapan mengikuti Maybank Bali Marathon  bisa di cek di webnya http://www.balimarathon.com, International Race Event. Lokasi di Bali, tentunya sudah kebayang lokasi wisata yang menyenangkan bukan? Sembari lari kita bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. 




Para pelari akan dikatakan  kaffah kalau sudah mengikuti event ini. Ibaratnya akan syah menjadi pelari,yeah !

Tapi sayangnya saya tidak kebagian slot, pembukaan event 2 minggu saja sudah ludes. Dibuka april beberapa bulan yang lalu. Tapi jangan sedih, nanti kalau beruntung akan ada yang menjual tiket yang biasanya mendadak cancel jelang hari H. Untuk itu harus sering-sering buka FB di komunitas lari, dan tentunya siap bersaing dengan yang lainnya untuk mendapatkannya.
  

Untuk berlaga di event internasional, persiapan haruslah matang ye kan? Orang-orang bule seluruh dunia pada tak akan melewatkan untuk datang ke MBM Ini. Kita orang Indonesia, jangan menyerah kudu berjuang juga-lah ya. Yang sedikit berat di tahun ini adalah persiapan latihannya itu bertepatan dengan bulan puasa, nah berat kan? Apalagi seperti saya yang baru saja bergabung sejak mei 2016 bulan lalu.



 Supaya tetap menjaga stamina tubuh dan di saat setelah lebaran tidak terlalu berat untuk berlatih lari. Mengingat event MBM dibulan agustus jadi persiapan harus sejak 2 bulan sebelum event. Kalaupun tidak dapat slot, tetap bermanfaat juga untuk persiapan mengikuti race yang lain. Never giveup lah! Hehe.


Jadwal EJR RRC setiap hari minggu pagi

Kalau dilakukan bersama-sama insya Allah dimudahkan segalanya seperti pepatah ringan sama dijinjing berat sama dipikul. Bedanya kalau lari sendirian dengan lari ramai-ramai  seperti ada yang mendorong, mengobarkan semangat jadi kita punya keberanian untuk mencapai target lari sampai finish. Seperti saya, di bulan July lalu mengikuti EJR RoadRunners Class CFD Sudirman pada hari minggu pukul 05.45 pagi dengan coach Adi S dengan target nya lari 10K.



latihan sprint CFD Sudirman  sebelum lari. coba tebak saya yg mana? :p








 Awalnya saya ragu karena hampir tidak pernah bangun sepagi itu dan jarak targetnya bikin bertanya-tanya dikepala bisakah saya seorang newbie melakukannya? Saya paling jauh berlari sampai 6K itupun sendiri. Berhasil bangun pagi dan sampai di venue tepat waktu *joget pisang

 

Setelah selesai latihan, wajib wifie dulu EJR RRC CFD Sudirman

Berlanjut mengikuti pemanasan sebelum start berlari 10K. Yang ada dipikiran saya saat itu adalah, ya udah lah ya kalau tidak kuat nanti bilang coachnya. Awal-awal memang berat, kaki berat sekali melangkah sampai grup semuanya sudah jauh di depan sedang saya tertinggal dibelakang. 

“Masih kuat lari? Suara itu nendang di kuping saya. Oh ternyata masih ada orang EJR yang dibelakang saya horey sorak saya dalam hati.

“Kalau tidak kuat, berhenti dulu tapi jangan jalan ya tetep gerak” , sambung coach Kildap.

Sedikit mengistirahatkan hentakan kaki seraya meneguk air minum.

Melihat time tracking, kurang 700m lagi, wow Alhamdulillah saya bisa melakukan sebentar lagi finish dan waktu menunjukkan 1 jam lebih. 
 
alhamdulillah, bs capai juga 10K pertama kali dengan waktu 1 jam 36 menit.

Menurut coach Kildap, kalau pelari pertama kali lari 10K dengan catatan kurang dari 2 jam itu sudah sangat bagus. Alhamdulillah, sampai finish juga walaupun terakhir hahaha dan saya sudah sangat bangga sama diri saya sendiri.

Banyak yang menanyakan gimana rasanya? Rasa apa coklat, keju haha *preeett

Keesokan harinya kedua kuku telunjuk kaki sakit banget, sepertinya akan lepas kukunya. 


Tidak menyerah itu saja, bila sudah pernah melewati akan kah berhenti?

Badan ini ajaib, satu keluarga pada terkena flu saya saja yang tidak tertular. Biasanya saya tergolong rapuh, gampang sekali pilek karena memang punya riwayat buruk, sinus dan ada penyakit lain tahun lalu yang menurut saya itu harus dihindari dan bikin trauma adalah vertigo! Oh NO big NO never and never feel again! Go away  vertigo!



Ada tips dari Indorunner untuk para pelari yang tetap melakukan latihan di saat puasa di bulan ramadhan. Sebaiknya dilakukan sebelum berbuka puasa.
Tips untuk pelari yang akan melakukan olah raga dibulan puasa

Demi pencapaian target untuk bisa menjaga stamina di event MBM, tetap melakukan latihan selama bulan Ramadhan. Diantaranya  EJR bersama komunitas CouchSurfing mengadakan TMH ( Tarawih Mosque Hopping)   di bulan Ramadhan.


Tarawih Mosque Hopping selama bulan Ramadhan

 Kegiatannya ini menyenangkan selama Ramadhan kami berkeliling ke masjid-masjid agung yang sarat akan sejarah di Jakarta. Diawali dengan berbuka puasa bersama, kemudian sholat berjamaah di masjid setelah itu baru bersama-sama berlari malam.


Jadi ceritanya memenuhi  kewajiban beribadah dan  lari  tetap jalan terus, yay


                                    
                                                        TMH Night Run 5K







Sebelum memulai lari, mari wefie dulu cheers :)





PR done ya coach Adi, 6K :)



Kegiatan TMH Ini seminggu ada 2x di hari selasa dan Jumat, dengan target lari 5K. sembari mengikuti tetap bisa mengerjakan PR dari coach Adi.  Tapi seringnya nambah jarak haha no problems!
Pendinginan setelah TMH night run






       

Hari Rabu, adalah hari RRC ( Road Runners Class) lokasi di GOR Soemantri



Ignite Jakarta! latihan setiap rabu setelah berbuka puasa di bulan Ramadhan


Kegiatan disini berlari lebih empuk karena pijakan kaki menyentuh  tanah.

Latihan di sini bertujuan untuk menjaga pace menjadi lebih baik. Apa itu pace? coba googling, http://panduanpelari.web.id/panduan/istilah.htm :)

Pace atau tempo adalah istilah kecepatan dalam lari. Pace dinyatakan biasanya dalam berapa menit yang dihabiskan untuk menjangkau jarak tertentu, biasanya 1 km atau 1 mil. Pace lari yang kompetitif adalah 5 menit per km kebawah, atau setara dengan 12km/jam keatas (menghitung kecepatan perjam dari pace = 60menit/pace).  (info pace itu apa?) 



Menurut info, sebaiknya memang berlari di area tanah bukan area ber aspal atau yang keras supaya mengurangi cedera.






keringat masih mengucur, tetep wefie

cheers foto bersama kakak senior-senior dan para brand ambassador 







Berikut perbandingannya ya antara saya lari sendiri dengan mengikuti EJR RRC, cekidot 





Lari sendiri 6K ditempuh dengan waktu 1 jam 09 menit 46 detik 




Setelah mengikuti EJR RRC, lari santai Night Run 6K ditempuh dengan kecepatan 56 menit 19 detik



Nyata kan hasilnya? Bukan sulap bukan sihir haha, awalnya saya tidak percaya tapi nyata koq. Thanks Coach Adi n coach Killdap

Faedah mengikuti kegiatan olahraga lari  bagi saya ya : 

1.saya pun lebih tahan banting daripada sebelumya suka sering sakit terserang batpil yang lama sembuhnya. Sekrang sudah jarang terserang sinus. Alhamdulillah.
2.Dulu susah tidur (insomania), sering worry kl tidak bisa tidur sekarang sudah lebih mudah bisa bobok nyenyak walaupun tidurnya larut malam.
3. Stamina terjaga, bikin oksigen di dalam tubuh mengalir bagus sehingga lebih sehat
4. Inner beauty lebih keluar, jadi tambah cakep. ciye ups kata orang sih.
5. Lebih sering bahagia daripada sedihnya, ini penting! 
6. Olahraga paling murah diantara lainnya, mahalnya karena beli barang-barang pendukung saja :)


 Nah kebetulan sabtu besok, 25 Juni 2016  itu ada kegiatan Blarian Malam menjelang Sahur  di Ancol. Kali ini peserta  bebas bisa menentukan sendiri jaraknya. Woah bakalan seru, kalau ngantuk bobok di mobil saja sampai sahur. No worries tidak ada paksaan harus lari berapa jaraknya. Yang penting kebersamaan dan keseruan bertemu beberapa komunitas lari lainnya. Biar kenal, seru kan punya temen baru yang multi job. Siapa tau ada yang bening-bening kesempatan buat yang single kan? ciyee :p







Ada yang tertarik mengikuti lari ? yuk sini bergabung  di EJR cek FB , Twitter, IG

Demi mendukung atlet lari Indonesia, Agus Prayogo yang akan berlaga di olimpiade nanti di Rio De Jenero. Yuk yuk yuk yuk... dukung dia :)

EJR dukung Agus Prayogo






Ayo kawan, dukung Agus Prayogo dengan menggunakan hestek #goIONgoAgus

Agus Prayogo syaratnya FM (full marathon) nya harus dibawah 2jam 20mnt supaya bisa  lolos kualifikasi Rio. So far, dia 2 jam 23 di Tokmar  kemarin. Kalau dia bisa di Gold Coast Marathon, nanti under 2jam20 bisa memecahkan rekor FM nasional yg sudah  lama banget belum pecah-pecah, 2"19'







                                                             Agus Prayogo, go Agus!





 Terimakasih EJR, now i'm  proud and happy being  part of your family now. Senang bertemu orang-orang hebat yang banyak memberikan inspirasi dan semangat. Bahagia itu tercurah di keluarga EJR. Perubahan lebih baik.Yay dapat kaos EJR Runners Clas:-* :*

Senangnya dapat kaos GGK, jadi seragam deh haha

 Remember ya :
TRAINING NEVER LIES!
 #ExtraordinaryJakartaRunners #PUMArunning #PUMAfriendsID #PUMAtrac #IGNITEJakarta #ForeverFaster #CrossTheLine  #NoOneLeftBehind


Foto-foto koleksi team EJR
#TeamOranye #SahabatMeong



thanks sudah membaca sharing saya, semoga bermanfaat ^^

30 comments:

  1. Wah keren banget Ka Omithh lari-larinyaaaa jadi pengen ikutannn

    BTW tetap yah nggak lengkap tanpaa Wedie hihihu

    ReplyDelete
  2. Aku mah suka capek kalau lari-lari, karena dulu pernah sakit di kaki padahal waktu SD lariku termasuk cepat, kalau tanding satu kelas biasanya kalau nggak juara 1 yah 2, keren-keren kegiatannya

    ReplyDelete
  3. keren banget kak. aku mbacanya CJR awalnya. siwer siwer kurang minum heheheh. Keren nih, acaranya bikin sehat dan menambah tali persahabatan. lari terus kak.... teruslah berlari. sementara aku lari dari kenyataan

    ReplyDelete
  4. Luar biasa. Sumpah. Aku bacanya sambil bayangin capeknya kakiku. Kakiku!
    Yg lari siapa yg capek siapa.
    Tapi bener sih, kalau dilatih secara bertahap hasilnya luar biasa.
    Psst... ajak keluarga ikut EJR agar gak ada yg flu. ;)

    ReplyDelete
  5. Wih. Asik lah puasa2 lari. Rame2 lagi. Pengen i kayak gitu. Seru banget mbak ya?

    ReplyDelete
  6. Dari dulu pengen ngejadwalin lari, eh tapi cuma bisanya lari dari kenyataan aja T-T

    ReplyDelete
  7. Setuju....!!! Kalo lari atau olahraga bareng2 bakal ga nyangka dg jarak yg bisa kita tempuh. Ak pernah, tp sepedaan sih pas di Bogor, dr dramaga-baranangsiang-dramaga lagi. Entah itu berapa kilo.
    Tapi giliran ga ada temen, mau beranjak dari kasur aja beraaattt banget. Hehe

    ReplyDelete
  8. Hebat banget, walau puasa tetep lari. Baca tulisannya jadi kaya kemotivasi pengen lari juga. Padahal nafas ga kuat banget buat lari. Semoga mendadak dapet rejeki bisa ikutan MBM ya, mba

    ReplyDelete
  9. Sepertinya seru banget nih kegiatan RRC. Walaupun berpuasa tapi masih tetap bersemangat untuk lari

    ReplyDelete
  10. Aku sejak udah melahirkan merasa kekuatanku menurun. Apa cuma perasaan ya? Hahaha. Ah, semoga suatu hari bisa lari lagi. Dulu sih kita sering sprint setiap pemanasan sebelum latihan basket, dulu sih itu. Udah lama bgt. Sekarang olahraganya? Nyuci nyapu ngepel bantuin si mbak :'D

    ReplyDelete
  11. Wih tetap eksis olahraga larinya kak, pastinya tetap semangat ^^

    ReplyDelete
  12. Baru tau kak omith ini atlit hehehe. Tetep keren tenan ini kak omith puasa puasa tetep lari :)

    ReplyDelete
  13. Betul kak banyak olahraga khususnya lari jarak pendek atau jarak menengah itu membantu banyak dalam kesehatan, khususnya mengatasi masalah insomnia.

    Dulu pernah merasakan lari tiap hari 5 km, buat keperluan fisik dan ketahanan tubuh buat atlet voli, tapi sekarang mah udah gak kuat. Udah jarang lari lagi :(((
    Paling pol jogging 2-3 KM udah lelah capek kaki :')

    ReplyDelete
  14. Woaaa aku blm pernah lari2 sblm buka. Pengen tp nggak ada temeneee

    ReplyDelete
  15. Beuuhg.. ini toh yang namanya team orange.. kirain hehehhe.

    Dulu.. ininah dulu banget saya sempet jadi atlit pelari jarak pendek, karena kurang dukungan keluarga apalagi sebuah komunitas saat itu belum ada, akhirnya gagal :(. Coba dulu ada komunitas begian, kan saya udah ngetop kali *abaikan. Omith kereeen, kabar-kabari kalau ada event selanjutnyanya

    ReplyDelete
  16. Beuuhg.. ini toh yang namanya team orange.. kirain hehehhe.

    Dulu.. ininah dulu banget saya sempet jadi atlit pelari jarak pendek, karena kurang dukungan keluarga apalagi sebuah komunitas saat itu belum ada, akhirnya gagal :(. Coba dulu ada komunitas begian, kan saya udah ngetop kali *abaikan. Omith kereeen, kabar-kabari kalau ada event selanjutnyanya

    ReplyDelete
  17. Ternyata "bareng-bareng" bisa ngurangin sugesti capek ya mbak. Atau nambah sugesti "malu" kalau cape sendirian ?? :-D

    saya kalau lari sendiri dalam kondisi apapun (terutama lagi ngejar bus) lebih kerasa parah ketimbang lari-lari sejam penuh pas futsal.

    Duh, tertarik tapi bertolak belakang banget sama prinsip yang ga boleh bangun kepagian pas libur :'(

    ReplyDelete
  18. Wah keren ya klo puasa masih kuat dan rajin olahraga, terutama lari. Klo lari Bareng sama temen emang lebih enak sih, jadi kuat lari jangka panjang! *pengalaman* hahahha 😚😚😚

    ReplyDelete
  19. Ada gedung kantor aku eksis di fotonya mba omith *salah fowkeus
    Waktu masih sekolahan saya rajin banget lari tiap shubuh, sekarang mah larinya buat ngejar krl, hahahaha

    ReplyDelete
  20. Wah mantaph Bgt ni, puasa" masih bisa EJR. Keren mba.
    Keep doing it !

    ReplyDelete
  21. Aku iri!!

    Kepengen banget untuk bisa lari, tapi ya belom dibolehin. Lututnya takut gak kuat. Sama dokter disuruh banyakin jalan saja :(

    ReplyDelete
  22. Kok keren sih 😭😭 mau ikut tapi pasti ga di bolehin 😩😰😷
    Setelah lari biasa nya hibernasi gak ka? Kalau aku gitu sih hibernasi yang panjang. Fisik nya lemah. Haha

    ReplyDelete
  23. Kak Omith...
    Kalo pas CFD di Monas aku ikut dong! Tapi abis lebaran aja. Haha..
    Kerenn deh, terus berlari kak biar semakin sehat dan cakep. πŸ˜„

    ReplyDelete
  24. Aktivitas lari di bulan puasa ternyata memungkinkan dilakukan juga ya..liat km yang ditemui hebat jg saya belum tentu kuatπŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  25. keren banget, kak omith. aku juga belum tentu tahan lari kalau dibulan puasa begini. mungkin karena jarang lari kali ya jadi kalau lari suka engap

    ReplyDelete
  26. Baru tau mba dari EJR, taunya cuman di IG doang.
    Kalo ke Bandung ntar jogging bareng juga sama anak" BR20Runners

    ReplyDelete
  27. Wiiiihh, ini adalah olah raga yang aku belum sukses konsisten. Padahal emang bagus untuk tubuh. >,<

    ReplyDelete
  28. Wah, suka lari juga ya Kak Mit? Asik tuh bisa ikutan kayak gitu. Aku masih sekadar jogging2 doang, belom pede ikut acara running kayak gitu....��

    ReplyDelete
  29. Waaa betul banget tuh bulan puasa bukan jadi hambatan untuk belorahraga terutama lari krn masih bisa dilakukan pas malamnya :)

    ReplyDelete
  30. Mba Omith nggaa kebagian slot bali marathon juga ya. AKU JUGA!
    AHAHAHAHAHAHA. SEDI AH :(

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.