ProGOLD : Jadikan Pintarnya Si Kecil Bersinar

Pembicara dan Peserta ProGold Parenting Club

" Kita punya waktu seumur hidup untuk bekerja, namun anak-anak hanya memiliki masa kecil sekali. (Franklin P. Jones)

Anak adalah sumber kebahagiaan, buah hati dan harta yang paling berharga di dunia ini.
Tidak ada kebahagiaan selengkap mempunyai keturunan, mempunyai anak. Adapun pasangan suami istri sangat amat berjuang demi mendapatkan keturunan, demi apapun akan dicarikan. Sebegitu berharganya anak, kita sebagai orang tua yang sudah mempunyai anak dimasa ke emasan-nya akan berusaha mengoptimalkan bagaimana mendidik dan membesarkan anak-anak kita ke jenjang yang lebih baik.
Setiap anak dilahirkan  jenius! jadi tidak ada anak dilahirkan sebagai anak yang bodoh!
so...
Siapapun dia setiap anak Indonesia terlahir cerdas. Lemah dari satu sisi jenius disisi lainnya.Tugas orang tua adalah mengoptimalkan kehebatan dan meminimalkan kelemahan seorang anak. (Widodo Judarwanto)







Perkembangan otak tergantung dari nutrisi dan stimulasi yang baik.
Pengalaman stimulasi dan nutrisi membentuk struktur otak dengan menghasilkan  banyak koneksi.
Pada usia remaja, akan terjadi pemangkasan neutron. Dimana koneksi yang tidak di gunakan akan dipangkas. Perkembangan neuron dan pemangkasan adalah sebuah bagian normal dan sehat dari perkembangan otak.

Tetapi plastisitas otak bersifat kompetitif. Sel saraf otak masih terus bertumbuh. Fungsi dan strutur otak berubah sesuai apa yang dialami anak. Pemenangnya adalah yang paling sering di stimulasi. So setiap hari diusahakan kita selalu menstimulasi anak kita dengan hal yang baik supaya yang buruk tidak terpakai dan akan hilang dengan sendirinya.  Melalui lahitan, sambungan sel syaraf makin efisien dan cepat. Sel  Yang baik akan terus menonjol dan menjadi lebih unggul.

Nah mom, simak ya ada 8 (delapan) kepintaran majemuk yang moms harus pelajari supaya bisa membantu menstimulasi anak-anak moms terutama pada usia pertumbuhan 12 bulan hingga 5 tahun :)

Berikut 8 (delapan) kepintaran majemuk : 

1.Word Smart
2. Number Smart
3. Picture Smart
4. Music Smart
5. Body Smart
6. Nature Smart
7.Self Smart
8. People Smart

Yuk kita jabarkan satu-persatu  :)





1. Word Smart
 Dengan membaca 15 menit sehari, kita bisa bertemu dengan lebih dari 1.000.000 kata per tahun.
Manfaat membaca antara lain : dapat meningkatkan kemampuan verbal, meingkatkan konsentrasi, meningkatkan kemmpuan menulis, membantu mengeukakan pikiran, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, dan meningkatkan memori.
Cara menstimulasi: mengajak anak kita  bercerita,membaca, bernyanyi untuk mestimulus bicara dan memperbanyak perbendaharaan kata.

2. Number Smart
Kepintaran memahami angka, simbol, mengenali pola, berfikir logis dan sistematis.
Cara menstimulasinya : bermain balok, bereksperimen, membandingkan benda, berburu pola, memecahkan masalah.
Profesi : akuntan, ahli teknologi, ilmuwan, bankers

3. Picture Smart
Kepintaran membayangkan dan menggambarkan berbagai bentuk.
cara menstimulasinya : bermain dengan bentuk dan warna, role play, menyelesaikan puzzle, origami.
Profesi : Pelaut, pilot, pematung, pelukis, perancang, arsitek

4. Music Smart
Kepekaan menciptakan dan mengekspresikan irama, pola titik nada, dan apresiasi musik.
Cara menstimulasi : menyanyi,mendengarkan berbagai jenis musik, menebak suara-suara dilingkungan seki8tar, bergoyang mengikuti irama.
Profesi : komposer, penyanyi, pencipta lagu, pemain musik
Efek musik : dapat meningkatkan kemampuan bahasa, kreativitas, kebahagiaan, optimisme, koordinasi otak kanan kiri, mengurangi kecemasan, mempercepat penyembuhan, mengurangi nyeri.
Musik juga bisa mengubah mood secara instant. Misalnya anak kita lagi rewel, crunchy, coba lakukan dengan mengajaknya bernyanyi lagu kesukaanya dia. Orang dewasa pun berlaku juga, pernah juga kan mom  lagi bad mood. Dengarkan musik yang menenangkan, otomatis mood akan berubah menjadi lebih bersemangat. Asal jangan mendengarkan musik yang bikin emosi makin bergejolak ya. Yang ada makin menambah sedih hehe :)

5. Body Smart
Kepintaran untuk menjaga keseimbangan tubuh dan koordinasi antara otak dan tubuh.
Cara menstimulasi :  play dough, gerak dan lagu, olahraga. Profesi : Atelt, penari, aktor, pemahat, pematung
Dengan olahraga meningkatkan : memori, mood, kecerdasan, prestasi akademis, perilaku positif

6. Nature Smart
Kepintaran mengenali lingkungan hidup, memahami fenomena alam termasuk flora dan fauna.
Cara stimulasi : mengumpulkan dedaunan/ batu, mendengarkan suara burung & hewan, mengamati bagian tumbuhan & hewan.
Misalnya : Ajak anak-anak kita bermain out door  mengenali binatang sekitar tempat tinggal misalnya ayam, kucing, anjing, burung, katak, kupu-kupu, bekicot dan tanaman seperti bunga, tanaman cabe, pohon mangga, pohon pisang dan lainnya.
Profesi : Ahli biologi, ahli ilmu hewan, ahli tanaman, peternak, petani

7. Self Smart
Kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri
Cara menstimulasi :  mengenalan berbagai jenis emosi, membantu anak belajar mandiri, role play, memberikan pilihan, bermain kartu emosi.
Misalnya kita menunjukkan kartu dengan gambar berbagai macam emosi kepada anak kita. Emosi senang, sedih, takut, marah dan lainnya.
Profesi : konselor, psikolog, rohaniwan (misal mahatma gandhi)

8. People Smart
Kepintaran memahami orang lain dan menggunakannya untuk membangun hubungan sosial.
Cara menstimulasi : membantu anak mengenali emosi orang lain, bermain bersama teman, berbagi, menunggu antrian.

Profesi ; pemimpin, pekerja sosial, diplomat, public relation.

Baiklah mom, sekian dulu sharing dari saya semoga bisa memberikan pengetahuan kepada mom semua terutama yang mempunyai anak usia 12 bulan hingga 5 (lima) tahun. Bagaimana cara menstimulasi kepintaran anaknya, dimana pada usia 12 bulan hingga 5 (lima) tahun, 8 (delapan) kepintarannya harus distimulasi sehingga pada usia 5 (lima) tahun anak sudah terlihat kepintarannya. Moms hanya mengarahkannya saja. Mudah bukan, moms?
Jangan kuatir mom, untuk mengetahui kepintaran anak, sebenarnya bisa di cek langsung di
 goo.gl/Y2SK8X
Yang ada di Di Goody bag

Materi untuk event ini saya antusias untuk mengikuti, karena mendapatkan insight banyak.Banyak belajar lagi dalam mendidik dan menstimulus anak dalam memaksimalkan kepintaran anak.
Lokasi workshop di Pand'or jalan wijaya, jakarta selatan ini lumayan oke tempatnya, snack dan minuman penyajiannya enak. Anak saya suka cup cake nya. Sayang koneksinya rada susah ya di sini. 

Thanks untuk pembicara dalam event ini,  Dr. Andyda Meliala. Cara penyampaiannya mudah dipahami, pembawaanya tenang dan fun untuk diajak lanjutan diskusi meskipun waktu workshop telah usai. Lumayan dapat insight banyak untuk mengatasi problem anak juga. 

Kebetulan saya ibu bekerja, setiap kali pulang kerja terkadang lelah dijalan, stres menghadapi pekerjaan dan deadline. Saat perjalanan menuju rumah sebelum bertemu dengan anak, saran dari ibu Dr Andyda Meliala adalah jaga mood kita supaya melupakan sejenak hal-hal yang buruk dalam sehari tadi dengan pergi ke taman, atau ke mampir ke cafe minum kopi atau teh. Setelah itu baru pulang berjumpa dengan anak dengan mood yang senang. Anak pun akhirnya bisa merasakan bahagia kita. Bemain dengan anak pun menjadi salah satu terapi buat orang tua juga.  :)

Terimakasih juga untuk ProGOLD Parenting Club, semoga acara seperti ini bisa di adakan terus dengan tema yang berbeda :)

5 comments:

  1. noted bgt meski blm punya anak

    ReplyDelete
  2. berguna bgt kak utk calon istri saya nanti hehe :)

    ReplyDelete
  3. Jadimembaca ini harus di lakukan secara rutin setiap hari meskipun cuman 15 menit yaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.