Wajah Baru Situs web Jakarta MRT




Kota besar seperti Jakarta banyak sekali pilihan transportasi yang ada, seperti bus, bemo, bajaj, mikrolet berukuran pickup, mini bus minibus seperti metromini dan kopaja, bus angkutan cepat transjakarta, taxi roda dua dan empat serta system kereta  commuter Jabodetabek. Lalu lintas di Jakarta sangat padat, bukan lagi di jam sibuk tapi hampir tiap jam bisa jadi kemacetanpun akan kita temui. Transportasi di Ibu Kota Jakarta lebih memadai ketimbang di kota besar lainnya. Mungkin bisa di bilang surganya transportasi umum karena kemana-mana bisa lebih mudah. 

Sudah tidak nyaman rasanya menggunakan kendaraan pribadi di hari kerja, kecuali di hari tertentu atau karena ada alas an tertentu. Setiap kali orang baru pertama kali datang ke Jakarta baik dari luar kota mapun dari luar negeri, yang dikeluhkan adalah kemacetan lalu lintas yang tak bisa di hindari. Kemacetan di Jakarta sudah tidak bisa di prediksi lagi seperti dulu.  Untuk itu pemerintah menambah fasilitas transportasi di Jakarta, dengan gencarnya pembangunan infrastruktur salahh satunya dibangunnya MRT demi ubah Jakarta lebih baik. 


Peserta Diskusi Ubah Jakarta

Segala informasi semuanya bisa diakses memelalui smartphone,  tingginya arus informasi membuat JakartaMRT mengambil langkah mempercantik layanan situs websitenya . Sejak Februari 2017 lalu, situs web Jakarta MRT mengalami proses perbaikan dan pembaharuan dari segi konsep perencanaan isi,design hingga hal teknis.Supaya situs web Jakarta MRT menjadi pusat informasi segala aktivitas Jakarta MRT bagi publik. Memudahkan publik untuk mengakses, terpercaya dan dapat diandalkan oleh penggunanya.



suasana diskusi Jakarta MRT

Rabu, 17 April 2017 lalu diluncurkannya  situs website Jakarta MRT dalam rangka acara bulanan Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta yang di laksanakan secara rutin. Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, memberikan paparan tentang TOD (transit oriented development). “Ini adalah konsep yang akan mensinergikan setiap elemen transportasi publik yang ada di beberapa stasiunnya. Misalnya di fase 1, Stasiun Dukuh Atas akan beririsan dengan layanan transportasi publik lainnya, seperti jalur komuter (commuterline), kereta Bandara Soekarno-Hatta, halte bus Transjakarta, stasiun Light Rail Transit (LRT) dan circular pedestrian bridge,” kata William

Jakarta MRT 


Apa sih MRT itu?
Sejak tahun 1980 lebih dari dua puluh lima studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan Mass Rapid Transit (MRT) sistem di Jakarta. Salah satu alasan utama untuk penundaan dalam menanggulangi masalah adalah krisis ekonomi dan politik 1997-1999. Sebelum krisis, sebuah Build-Operate-Transfer (BOT) dianggap sebagai bagian dari MRT baru melakukan keterlibatan sektor swasta. Setelah krisis, rencana mengandalkan BOT untuk menyediakan pembiayaan terbukti tidak layak dan proyek MRT itu lagi diusulkan sebagai skema yang didanai pemerintah.
MRT Jakarta, singkatan dari Mass Rapid TransitJakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta(bahasa Inggris: Jakarta Mass Rapid Transit) adalah sebuah sistem transportasi transit cepat yang sedang dibangun di Jakarta.


Publik juga bisa mendapatkan informasi terperinci mengenai TOD (transit oriendted development) serta hal lain terkait perkembangan konstruksi dan rencana operasi MRT Jakarta di situs website Jakarta MRT yang pada hari peluncurannya tersebut dijelajahi bersama oleh seluruh audiens forum. Situs web yang didedikasikan untuk publik ini sedianya akan secara berkala menampilkan beragam informasi paling mutakhir MRT Jakarta, mulai dari perkembangan hingga operasional. Selain itu, situs web ini memiliki banyak fitur yang menarik, seperti perhitungan mundur menuju hari moda raya terpadu ini beroperasi, tampilan siang - malam yang berbeda, informasi perkembangan konstruksi, cara penggunaan MRT, dan lain-lain



rekan difabel sedang mengajukan pertanyaan

Diskusi tanya jawab ini menarik, teman-temen difabel pun ikut serta berpartisipasi dalam diskusi MRT Jakarta ini, da nada penerjemah bahasa isyarat juga demi sampainya informasi kesegala lapisan masyarakat.

Tujuan memperkenalkan wajah baru situs website ini ke publik adalah untuk membangun kesadartahuan tentang situs website JakartaMRT dan memulai kampanye MRT #UbahJakarta. Tidak hanya berfokus pada konstruksi, MRT Jakarta juga menyasar calon penumpangnya. “Meskipun MRT Jakarta baru akan beroperasi kurang lebih dua tahun lagi (Maret 2019), sekarang justru saat ini adalah masa-masa penting untuk mengenalkan MRT ke masyarakat. Terlebih terkait kampanye kami, kampanye #UbahJakarta,” tambah William.


Jalur MRT Jakarta rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang ±23.8 km dan Koridor Timur – Barat  sepanjang ±87 km. Untuk saat ini yang sedang berjalan pembangunan JakartaMRT koridor Selatan – Utara.


on progress pengerjaan Jakarta MRT



Sepertinya gak sabar ya menanti Jakarta MRT jadi, semoga pembangunannya dilancarkan, amien! Karena keberhasilan Jakarta MRT akan menjadi row model untuk kota besar lainnya. Bravo Indnesia maju, mari ubah Jakarta!







17 comments:

  1. semoga MRT Jakarta brjln lncar

    ReplyDelete
  2. Pengen nyobain ke mrt nich, semoga lancar semua sesuai jadwal. Pengen nyobain penasaran

    ReplyDelete
  3. Gebrakan yang menawan.
    Dua tahun lagi ya mbak? Semoga ketika nanti Moda transportasi ini sudah jadi, bisa ikut mencicipinya, hehee

    ReplyDelete
  4. Apa aku doang yang baru tau kalau MRT udah ada website nya? HUahaha... Keren ihh, sukak sama bannernya.
    JAdi gak sabar nyobain MRT ini.

    ReplyDelete
  5. Kedepannya bakal ada aplikasinya enggak nih MRT ya? Kan bagus tuh.

    Tadi udah coba buka situsnya. Lengkap ya. Dan gampang dipahami.

    Tapi pas buka bagian kalkulator perjalanan masih belum bisa. Padahal pengin liat biayanya :(

    ReplyDelete
  6. Aku ga sabar menanti MRT, LRT. Syukur-syukur angkot juga bisa dibikin lebih nyaman lagi.

    ReplyDelete
  7. Saya juga tidak sabar banget menunggu MRT ini mba.. jadi kemana² bisa lebih cepat dan nyaman..
    Kalau ada info untuk jelajah MRT saya diajak donk mba.. pengen banget ngerasain di bawah sana hehee

    ReplyDelete
  8. Sebagai warga (bukan) Jakarta, aku selalu norak kalo berkunjung ke Ibu Kota Indonesia ini.
    Kemajuannya pesat dan serba cepat.

    Bagaimana kehidupan sosialnya?

    Akankah menjadi kaum individualis layaknya di kota-kota besar dunia lainnya?

    ReplyDelete
  9. walau nggak tinggal di Jakarta tapi senang juga dengan kehadiran website MRT Jakarta ini meski pengoperasiannya baru tahun 2019 nanti. semoga bisa jadi jawaban masalah transportasi di Jakarta ya.

    ReplyDelete
  10. Tak sabar menantikan MRT mulai beroperasi, transportasi umum yang lebih cepat dan nyaman bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  11. Jakarta oh Jakarta, kece banget sih! Ini yang bkin orang daerah pengen main ke ibukota. Smg dikasih kesempatan buat ngerasain MRT, aamiin.

    ReplyDelete
  12. Semoga service MRT dan LRT cukup meng-cover keperluan orang tua dan kaum difabel, ya. Bukan pengen bikin Jakarta surga karena segala kemudahannya, cuma kasihan sama orang yang ngga gampang atau sering terkendala dengan perubahan. #TFS, Omith!

    ReplyDelete
  13. Semoga MRT ini akan menjadi jalur transportasi yang tercepat sehingga kemacetan di jalan raya berkurang dan beralih menggunaan fasilitas umum.

    ReplyDelete
  14. hasyeeek, aku termasuk yg ga sabar menant mrt ini selesai. karena salah satu shelternya nanti tepat di depan rumahku..

    asyeek kan.. nggak usah macet macetan lagi kalau mau ke sudirman atau lebak bulus.. tinggal naik,dr dpn rumah, cepet sampe deh..

    walau dulu pas awal dibangun,sempet mengganggu tidur krn tiap jam 2 malam ada bunyi keras dan getar2an aneh dr dpn bangunan mrt..

    ah setahun lagi selesai nih..

    ReplyDelete
  15. Keren banget Jakarta ada MRT. Enggak sabar pengin nyobain besok kalo ke sana.

    Semoga MRT segera menular ke kota2 lain di Indonesia yaa..

    ReplyDelete
  16. Aku sangat enggak sabar naik ini. Masalahnya karena krl udah sangat overload, gak nyaman sama sekali untuk ibu hamil dan ganas terkadang. Semoga cepat selesai.

    ReplyDelete
  17. engga sabar MRTnya jadiiii!!! hihihihi

    semoga semoga semoga semua hal baik ttg MRT ini jadi kenyataan,
    memudahkan banget soalnya, ga perlu macet2an di ibukota, hahahha

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.