Mitsubishi New Mirage Mudik Nyaman Pilihanku




Tak terasa ya akhir bulan ini akan memasuki bulan Ramadhan, tanda umat muslim akan melaksanakan Ibadah puasa selama sebulan penuh. Subhanalloh ya, bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah, bulan yang di tunggu – tunggu oleh umat muslim. Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Pastinya akan memikirkan rencana merayakan lebaran bersama keluarga besar. Bagi saya yang tinggal diJakarta sudah lebih dari 5 tahun  bersama suami dan kedua anak saya KenBre, hampi setiap tahun kami mudik. Kecuali sewaktu saya kebetulan hamil besar anak pertama saja tidak mudik hanya diJakarta saja.

Kebetulan kami merantau, orang tua saya tinggal di Surabaya dan mertua saya di Cilacap jadi kami selalu mengusahakan untuk selalu mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga besar dan nyekar  ke makam sesepuh dan almarhum papa saya.
Kalau mempunyai keluarga besar hanya  di satu kota mungkin tidak terlalu memikirkan bagaimana transportasinya, kebanyakan orang-orang  yang tinggal di kota besar pastinya akan memikirkan untuk mudik!  Apa itu mudik?

Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. ( sumber Wikipedia)
Pilihan mudik memang banyak bisa menggunakan transportasi kereta api, pesawat, kapal laut dan kendaraan pribadi. Sebulan yang lalu tiket penjualan kereta sudah dibuka dan dalam waktu singkat juga sudah sold out!.
Tiket penunjuang transportasi  akan melambung tinggi bisa jadi naik 2x lipatnya, biasa disebut tusla.
Itulah yang membuat orang- orang yang tinggal di kota besar memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kalau sudah mempunyai kendaraan pribadi, mobil bisa dilakukan pengecekan khusus supaya selama perjalanan tidak menemui kendala.

Nah yang belum mempunyai kendaraan pribadi, mobil boleh menjadi salah satu refrensi pilihan membeli mobil terutama buat keluarga kecil papa muda dan mama muda dengan design yang sporty, utility dan comfortable, irit dan gesit. Sepertinya impian buat semua pengendara ya.
Bahagialah saya, dua hari lalu rabu 17 Mei 2017 mendapatkan informasi tentang “Seberapa Asyik Mitsubishi Mirage, Diajak Mudik?” yang diselenggarakan oleh Portal Otomotif No.1
Paparan dari bapak Indra Prabowo sebagai managing editor mobil123.com dan otospirit.com memberikan beberapa tips untuk mudik yang nyaman.








"Sebelum mudik, persiapkan kendaraan Anda sudah aman untuk digunakan," tutur bapak Indra Prabowo.  Kemudian "Cek kondisi kendaraan seperti rem, oli, ban misalnya cek tekanan angin sebelum berangkat sesuai takaran masing-masing ukuran ban dan jenis kendaraan.Tambahnya.
Kalau saya biasanya ngecek tekanan angin di bagian dekat pintu mobil, ukurannya tidak boleh lebih atau kurang harus pas. Kalau bingung bisa dilakukan pengecekan di bengkel mobil terpercaya. Kelihatan memang sepele tapi bisa fatal di jalanan. Cek angin juga baik dilakukan setiap 3 hari sekali, enggak oke kan kalau tiba-tiba ban bocor dikala kemacetan di jalanan?




Tips mudik  

SEBELUM MUDIK
       Persiapan kesehatan kita& keluarga (tidak bekerja berlebihan, istirahat dan tidur cukup, berpuasa dg konsumsi 4 sehat 5 sempurna, periksa ke dokter)
       Bawa mobil ke bengkel resmi untuk diperiksa setidaknya seminggu sebelum mudik.
       Kumpulkan berbagai informasi seperti rencana rekayasa lalulintas,Lokasi-lokasi SPBU,Titik-titik rest area,Perkembangan pembangunan jalan tol
       Siapkan dana untuk pengeluaran tak terduga
       Bawa barang secukupnya, kalau perlu dipaketkan via kurir


HARI H MUDIK
       Pastikan kembali kondisi kita dan keluarga sehat jasmani dan rohani
       Periksa kembali bagian mobil sebelum kita berangkat(ban, kelistrikan, cek kendaraan seperti rem, air wiper dan air radiator)
       Beristirahatlah ketika pengemudi lelah, setiap 3 – 4 jam perjalanan selama minimal 30 menit sampai bugar kembali
       Senam ringan bisa Anda lakukan saat penat atau letih
       Jika pengemudi mengantuk obatnya hanya tidur. Jangan meminum minuman energi untuk melawan rasa mengantuk. Hanya mengingatkan, mengantuk sangat beresiko kecelakaan. Tidur sejenak melepas lelah bisa membantu banget mengembalikan energi. Saya dulu sebelum menikah 3x lebaran PP Jakarta-Surabaya bersama sobat saya bertiga mudik mengendarai mobil dan nyetirnya bergantian.
       Manfaatkan teknologi mobil, nyalakan radio atau pasang musik atau film kesukaan untuk menghibur dan keluarga, serta mendapatkan berbagai informasi penting berupa kondisi lalulintas, lokasi SPBU,  di sepanjang rute yang akan kita lewati.


Pilihan kendaraan untuk mudik mungkin bisa menjadi referensi buat sobat sekalian yang berencana membeli mobil sebelum lebaran. Paparan dari ibu Intan Vidiasari, Head of PR and CSR Department PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tentang Brand New Day, semangat baru untuk Mitsubishi Motor. Semangat ini yang menjadi dasar dalam memasarkan kendaraan Mitsubishi di Indonesia yaitu kendaraan penumpang.

Tiga Pilar utama Brand New Day  yaitu : Brand New Product, Brand New Service, Brand New People
Pilar Brand New Service adalah semangat kami meningkatkan layanan konsumen di Indonesia, termasuk mengembangkan jaringan penjualan, dengan target 90 dealer di tahun 2017 ini, dan peningkatan mutu pelayanan yang lebih baik untuk konsumen kendaraan penumpang dan niaga ringan
Tiga konsep utama new mirage yang membedakan dari model terdahulu, lebih sporty & stylist exterior design, easy & comfortable, eco driving & safety.

Dengan hadirnya Brand New Product dan Brand New Service harapannya konsumen Mitsubishi dapat menjadi Brand New People yang lebih antusias menghadapi hidupnya sehari-hari.
Pada 2016 Mitsubishi melakukan pembaruan total dari sebelumnya. Sekarang sudah lebih fresh.Pajero, outlander, delica, mirage adalah beberapa jenis mobil yang diproduksi oleh Mitsubishi. Sport utilty car mirage  sudah diluncurkan sejak tahun 2012.



“Menggunakan mobil kecil jenis hatchback seperti Mitsubishi Mirage bisa diandalkan untuk mudik selain bentuknya compact, mobil kecil ini sangat lincah untuk bermanuver. Sangat cocok untuk keluarga kecil seperti Pahmud dan Mahmud (papa muda dan mama muda),”  jelas ibu Intan.

 Mitsubishi sudah dikenal memiliki engine yang powerful, dengan mesin 3 silinder 1.200 cc, dengan engine yang bertenaga tentu nya perjalanan juga makin menyenangkan.



Pada bulan Oktober 2016, tim Mitsubishi bersama Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia melakukan Pengujian konsumsi bahan bakar New Mirage. Hasilnya adalah konsumsi bahan bakar  1 liter bisa menempuh perjalanan sejauh 24.2km untuk transmisi manual dan 1 liter sejauh 22km untuk transmisi otomatis. Pengujian dilakukan di kondisi berkendara yang sesungguhnya, meliputi jalan perkotaan, luar kota, jalan bebas hambatan (tol), dan jalan berbukit. Jadi, tidak perlu khawatir menguras kocek ya.


Mitsubishi Mirage ada 5 varian warna yaitu : Wine Red Pearl, Black Mica, Red Metalic, White Pearl dan Titanium Grey.
Warna terbarunya Wine Red Pearl catchy banget buat perempuan masa kini.


Saya bahagia bisa berkesempatan untuk test drive Mitsubishi Mirage Exeed Wine Red Pearl, Matic. Merasa nostalgia saja sih, suara mesinnya halus, tarikannya ringan, tidak perlu colok kunci ketika akan menyalakan mobil cukup kunci diletakkan di dashboard. Model kunci seperti ini lebih aman tidak mudah dibobol oleh pencuri.
Serba otomatis ya, penggunaan telepon genggam juga bisa otomatis bisa tersambung dengan mobil baik menerima telepon dan mendengarkan music dari smartphone. Kenyamanan kursi selama berkendara tidak merasakan capek ketika jalanan macet. Ruang bagasi mirage juga lebih luas dengan new foldable split back. Untuk penumpang baris belakang,  juga memiliki 3 buah headrest yang lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Kaki bisa legaan tidak mentok dengan kursi depan dan bisa dilipat untuk pengaturan. Di sisi interior, mengalami pengembangan dengan desain yang lebih elegan dan nyaman, termasuk leg room yang lebih panjang.



Sudah tidak asing kita tahu ya tentang produk otomotif dari Mitsubishi. Bagi saya Mitsubishi itu kendaraan sport, sekitar tahun 2007 saya pernah menggunakan Mitsubishi Lancer Evo tahun 2000an. Tarikannya kencang saat dibawa di jalanan kondisi body mobil stabil, tidak goyang seperti mobil-mobil jaman sekarang. Kenyamanan juga tidak diragukan, rem pakem dan perpindahan koplingnya juga smooth. Saya mudik tahun 2007 menggunakan mobil Mitsubishi Lancer Evo waktu mudik  bersama ketiga sahabat saya bergantian nyetir dari Jakarta – Surabaya PP. Menikmati kemacetan, dikala lelah kami beristirahat di sepanjang pantura sekalian menikmati kuliner.



Buat temen-temen yang berencana akan mudik, persiapkan dari sekarang ya.
Salam Hangat,

@omith


33 comments:

  1. cerita mudik dan tips mudik yg bermanfaat...smg bs mudik bw mirage suatu saat hehe

    ReplyDelete
  2. Wahh sistemnya gimana ya mbak mitsubishi mirage kalau ngehidupin kok nggak perlu colok kunci? Saya baru tau heheeh

    ReplyDelete
  3. New mirage bodynya lebih sporty dan terlihat macho dibanding yg lama ya mbak..? Keren.

    ReplyDelete
  4. Wah ngarep aku nih, semoga bsa mudik kendarai mirage satu saat

    ReplyDelete
  5. Nyaman mmg pulkam pakai mobil sendiri. Mungkin tapi tahan banting nih...hehe kebayang melesat. Dgn warna yang eye catching

    ReplyDelete
  6. Nyaman mmg pulkam pakai mobil sendiri. Mungkin tapi tahan banting nih...hehe kebayang melesat. Dgn warna yang eye catching

    ReplyDelete
  7. Kalau tujuan mudiknya ke Surabaya dan Cilacap paling enak emang pake mobil, jadi bisa sekali jalan. Udahlah cuss semoga ada rezekinya ya Mbak buat beli New Mirage.

    ReplyDelete
  8. Ini blogger banyak orang jatim. Yawloh, ayo kita mudik barengaaan. Pake mirage, isshhh, keren banget dah.

    ReplyDelete
  9. Rekomendasi buat mudik yg patut dipertimbangkan..

    ReplyDelete
  10. Irit banget 1 liter untuk 24 km ya hadewh, kalau aku mudik ke Malang pakai Mirage bisa cuma habis berapa liter doang ya. Wahh mbak asli Surabaya to? deketean kita

    ReplyDelete
  11. Brand new People. Sepakat dalam hidup ini harus optimis, ceria gembira . Mirage memanjakan dari segi moda transportasi keluarga kecil bahagia sejahtera.
    Good

    ReplyDelete
  12. Mitsubishi memang kelas premium, gw juga suka. Terutama PAJERO hehe.. masih mimpi.. dulu naik Mitsubishi sering.. dikampung haha.. karena di Palembang, Mitsubishi COLT itu kendaraan angkot yang kita sebut TAKSI dulu jaman SD hehe. Keandalannya terbukti puluhan tahun.

    ReplyDelete
  13. Wah mudiknya jalan darat! Aku kalau mudik lebaran ga pernah jalan darat, Mbak. Males macet dan nanti malah cuma sebentar kumpul sama mertuanya. Maklumlah mudiknya dari Surabaya aja masih 5 jam perjalanan lagi, pulang paling banyak setahun 2x.

    ReplyDelete
  14. wihhh canggih juga teknologinya di kunci mobilnya ya mbak. nggak perlu dicolokkin, cukup ditempel di dashboard. Kereen...

    ReplyDelete
  15. aku mudiknya ke Sidoarjo mba...tapi saudara juga banyak di Surabaya. Padahal mudiknya cuma dari Malang loh tapi terkadang males kalau ngebayangin perjalanannya. tapi kalo mobilnya canggih dan nyaman kayak gini, aku bakalan semangat 45 kalo mudik hihihi

    ReplyDelete
  16. Senang ya bisa mudik, aku k rumah nenek cm dua jam ��

    ReplyDelete
  17. Wah nyaman banget nich lebaran pulkam pakai mobil sendiri. Bisa bawa apapun sesuai keinginan. Semoga bisa beli ah. Aminnn

    ReplyDelete
  18. Stylish banget bentuknyaaa. Aku mau yang warna merah naroon itu Ka Omithhhh.. Keren.. Misubishi emang jaya di desaian yahh...

    ReplyDelete
  19. Mitsubishi mirage yg terbaru ini bisa jadi pilihan moda transportasi utk mudik, bagi yg berpunya. Tapi untuk saya yg seorang perantau jg, sekiranya saya lebih memilih utk memakai moda transportasi umum macam bis antar provinsi, ya meskipun mesti rebutan dgn jutaan pemudik lainnya..

    ReplyDelete
  20. Di gambar nomor dua dari bawah artikel kok setir ada di kiri ya? Ini varian untuk di luar negeri kah?
    Desain sporty dan cocok banget sbg city car karena cc nya 1200.. mantapp nih mirage..

    O iya mudik itu sebenarnya singkatan dari MUlih nDIsiK (bahasa jawa) yang artinya pulang dulu hehe..

    ReplyDelete
  21. terima kasih tipsnya mbak, sangat membantu untuk mudikers nih
    terutama jelang lebaran kayak gini :)

    btw, Mitsubishi Mirage yang warna Wine Red Pearl ini bikin gagal pokus. adem liatnya, interiornya juga keren

    ReplyDelete
  22. Kak Omith.... udah ngebayangin liburan dan mudik pasti melewatkan banyak hal bahagia. semoga rencana yang sudah dimulai dari sekarang lancar jaya ya kak. baru mobilnya happy menggunakannya

    ReplyDelete
  23. Mudiknya makin seru dengan Mitsubishi Mirage, pilihan yang tepat untuk dibawa mudik. Hemat bahan bakar, aman, dan nyaman.

    ReplyDelete
  24. Btw, itu kok ada setir kiri? Dulu gue "meh"-in desain mirage loh. Entah karena mitsubishi cuma Pajero yg nghype.

    Tapi lihat mirage yg ini kok lucu ya

    ReplyDelete
  25. Aku juga mudik mba tahun ini, biasanya bareng sm kaka, tp kayaknya thun ini naik bus aja, liburnya gk bareng hiks.
    Lucu si mirage ini, pertama namanya ngingetin aku sm nama merk buku waktu sd.
    Aku suka designnya, minimalis.

    ReplyDelete
  26. suamiku demen banget sama mirage, mbak. bodynya yang imit bikin gemes. tapi aku kurang suka mobil kecil, suka yang besar besar. heheheh

    ReplyDelete
  27. Cekkeeppp banget Mitsubishi Mirage ini.
    Membuat yang pertama kali ngliat langsung jatuh cinta

    Kebayang mantapnya berlebaran dengan mobil baru.
    Assikknyaa~~


    Saya pun mudik ke Surabaya, mba Omith.


    **ternyata kita satu kampung halaman yaa...yeeaay~~

    ReplyDelete
  28. Kayanya mobil jenis ini bisa termasuk mobil keluarga ya dan sekaligus pulang kampung memang harus di cekin semua peralatan dan kondisi mobil dan jaga kesehatan yang penting sebelum pergi ke kampung halaman

    ReplyDelete
  29. Uh pilihan warnanya bikin bingung , pengen semuanya hahaha

    ReplyDelete
  30. Aku salah satu fans Mitsubishi, Mbak. Harganya memang terbilang tinggi sih, tapi mantep. Lagi nabung buat nuker yang lama sama keluaran baru ini, semoga bisa segera terwujud. Aamiin

    ReplyDelete
  31. Stylish mobilnya. Tapi buat keluarga besar atau mudik dengan bawaan segambreng, kira2 muat enggak yaa.. :D

    ReplyDelete
  32. Wih udah lama juga yah mbak tinggal di Jakarta lima tahun. Iya juga sih kalo bukan di satu kota yang sama sulit yah, paling mungkin digilir, tahun ini mudik di kampung halaman tahun depan mudik di mertua. Dan mudik memang asyik kalo pake mobil atau kendaraan pribadi bisa jalan-jalan dan keliling kota di kampung sekalian liburan hehe :D

    ReplyDelete
  33. New Mirage makin keren. Desainnya lebih sporty dan fresh. Cocok banget untuk yang muda-muda. :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.