Jitu Membeli Mobil Bekas



Hello  Selamat datang April, tak terasa ya sudah berganti bulan saja. Biasanya tanggal tua dan awal tanggal muda adalah dimana hari itu terjadi hari paling yang ditunggu para penjual, produsen, pedangang. Pastinya masing-masing keluarga akan berbelanja bulanan, seperti halnya saya. Sabtu kemarin saya berbelanja kebutuhan pokok bulanan. Hunting ke supermarket yang menjual harga murah untuk sembako dan lainnya. Agak sedikit kaget, minyak goreng melambung harganya dipatok sekitar 32ribu. Biasanya harga minyak goreng 2L itu ada diskon tiap weekend  harganya sekitar 18-23 ribu-an. Mungkinkah ini efek  3 bulan sebelum lebaran?
Beberapa bulan lagi akan mendekati Lebaran, saatnya menyiapkan kebutuhan untuk mudik.
Tiket kereta api pun juga sudah dibuka penjualannya, tiket pesawat pastinya ada  kenaikan harga hingga  2x lipat.  Kalau memang tidak kebagian tiket yang sesuai dana bisa mencari alternative lainnya, misalnya sewa mobil, membeli mobil baru atau mobil bekas pun bisa jadi pilihan terbaik. Cukup disesuaikan dengan kebutuhan saja, mengingat menjelang lebaran pastinya kebutuhan dan pengeluaran  akan mebludak sampai lebaran tiba.
Kalau pulang kampung menggunakan mobil memang enaknya sampai disana bisa adventure juga ya, tidak bingung lagi mencari transportasi selama di kampung.
Membeli mobil baru tidak perlu kuatir akan mesinnya, karena semua dari pabrik. Yang jadi concern untuk membeli mobil bekas harus tahu mesin dan perlu pengecekan. Sebelum memutuskan membeli mobil bekas sebaiknya kita pahami dulu mobil bekas itu.




Special Guess Hammish Stone (Chief Executive Officer dari PT iCar Asia)
oe Dische (Chief Finance Officer dari PT iCar Asia)



Menurut bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88 mobil bekas tidak ada pabriknya, register di polisi sangat kompleks jadi belum ada acuan data market-nya.
“Sebaiknya membeli mobil bekas itu maksimal 5 (lima) tahun kebelakang, karena mesin masih bagus,” tambahnya.

 Keuntungan membeli mobil bekas, harganya lebih rendah, kendaraan bisa langsung di pakai dan depresiasi harga cukup rendah dibandingkan dengan mobil baru.

Hal yang perlu di cek paling utama sebelum membeli mobil bekas adalah :
  • Memastikan mobil tidak bekas banjir
  • Memastikan mobil tidak bekas tabrakan
  • Dokumen seperti STNK, BPKB dan kesesuaian dengan kendaraan. Bila terjadi STNK-nya palsu maka harga akan menjadi turun, mobil disita lalu terkena pasal  263 & 264 KUHP bisa terjerat kasus hukum.
  • Spedometer bukan hasil dari putaran yang tidak semestinya. Misalnya harusnya sudah sampai 67ribu Kilometernya kalau dilihat dari umur kendaraan, yang tertera misalnya 10 ribu. Ini harus menjadikan kita curiga untuk berfikir kembali sebelum membelinya.




Hasil wawancara saya dengan bapak Hendrik Wiradjadja, Deputi Marketing Director PT.Hyundai Mobil Indonesia.
Sebelum membeli mobil bekas paling utama yang harus kita hindari yaitu mobil tidak bekas banjir, berikut ini tips untuk pengecekan mobil bekas banjir :
  • Bagian eksterior tidak gampang sangat semu karena  bisa di poles, di salon dan  di cat ulang.
  • Bagian interior, bisa dilihat dari  bangkunya. Apakah ada bekas-bekas air yang mengering di bangku itu.
  • Bila menggunakan cover jok atau sarung jok minta ijin  ke penjualnya. Misalnya sample satu saja sarung jok mobil minta dibuka.


Cek bagian dibawah bangku,  harusnya kalau mobil tidak pernah banjir tidak perna ada karatan kalau dipegang. Material bahan besi dari bangku tersebut tidak pernah di cat, semua produk mobil yang baru dari pabrik materialnya besi murni. Perhatikan apakan ada karatan kuning-kuning. Bagian interior tidak boleh ada yang di cat, karena cat mengandung bahan kimia. Hal ini sangat berbahaya semisal di cat berakibat kalau terjadi korslet akan terjadi percikan api.

Misalnya smartphone ada bila sudah pernah di buka pasti ada bekas-bekasnya misalnya dari baut-bautnya dan lainnyas. Untuk mobil bisa di cek apakah sudah pernah di buka karpetnya untuk dijemur.  Akan mustahil untuk mengganti bangku karna terlalu mahal. Yang paling agak tricky, bila bangkunya di berikan cover yang kulit yang susah untuk dibuka karena paten.

3   Seiring waktu, besi yang sudah pernah terkena air lambat laun tidak akan pernah hilang dan akan kembali muncul seterusnya, ini jadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir.
4   Kalaupun dia membersihkan karat tersebut, tidak bisa hilang sama sekali dan akan pastinya akan mengeluarkan karat terus menerus



Cara paling gampang  memilih mobil bekas dari segi interiornya paling utama untuk dilihat, misalnya tidak ada sundutan rokok, interiornya rapi, dan aroma mobilnya wangi. Asumsinya penggunaan mobil tidak ugal-ugalan.
Mobil 88 memberikan komitmen untuk tidak menjual mobil bekas banjir dan tabrakan. Salesnya selalu menyampaikan kepada pembeli.
Pembelian mobil bekas di Mobil88 akan selalu dipastikan sesuai track record  mesin kendaraan yang ada di buku resminya.

Buy back guarantee Hyundai, mematok harga tidak merugikan konsumen. Memberikan keuntungan yaitu konsumen dapat langsung menghitung perkiraan harga kendaraan Hyundai (resale value) hingga 3 tahun kedepan termasuk perbandingan dengan mobil competitor.
Paling gampang, belilah mobil bekas di dealer yang punya otoritas yang baik misalnya mobil88.
Every used car is a new car for customer, Hyundai.
Gimana sudah ada gambaran untuk membeli mobil bekas?
Tak perlu datang ke dealer langsung, bisa di mulai browsing dulu kumpulan semua tentang otomotif di Portal Otomotif No.1 untuk mencari mobil bekas seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kita.



30 comments:

  1. via mobil123.com bisa membeli mobil bekas berkualitas :)

    ReplyDelete
  2. berguna banget nih, buat yg nyari mobil bekas ini mba

    ReplyDelete
  3. Pilih yang pasti terpercaya saja ya berarti kalau mau beli mobil bekas, biar gak was was..

    ReplyDelete
  4. Mobil baru dan mobil bekas akan murah menjelang lebaran, betul gak sih?

    ReplyDelete
  5. Tips nya bermanfaat bangett!

    ReplyDelete
  6. Mobil123 kece ya, dealer yang kredibel

    ReplyDelete
  7. Thx infonya mba, emang klo beli mobkas harus teliti, dan jeli biar gak kena tipu ya

    ReplyDelete
  8. terimakasih infonya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  9. Wah baru tahu aplikasi ini. Bener banget mbak, tip2 itu harus kita terapkan saat membeli mobil bekas.

    ReplyDelete
  10. Zaman makin canggih. Sekarang beli mobil (bekas) pun bisa online. Meski tetap harus lihat kondisi asli sih ya sebelum deal. Terima kasih ilmuanya Mbak Mita, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  11. Aku udah dari lama tahu aplikasi ini dan udah beberapa kali menggunakan tapi untuk jual mobil mbak hehe, bagus nih aplikasi biar lebih gampang juga kalau mau beli mobil disitu udah tersedia buanyak bgt pilihan tapi tetep harus teliti juga yaa sebelum deal

    ReplyDelete
  12. betul banget nih, kiatnya bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  13. Emang asyik ya mba shared kemarin penting banget buat aku. Kemarin kita belum say hello next time ya mba

    ReplyDelete
  14. Penjualan Mobil melonjak memang mendekati hari raya.

    ReplyDelete
  15. iya mbak, mobil bekas juga jadi pilihan bagi orang-orang yang butuh mobil namun dengan harga terjangkau. tapi ya belinya nggak sembarangan juga siiih, tetap harus memilih yang berkualitas, bergantung pintar-pintarnya kita aja sih yaaa

    ReplyDelete
  16. Mikir2 dl ya kl beli mobkas. Takutnya malah rugi. Tapi kudu cari agensi yg dipercaya ya.

    ReplyDelete
  17. Yang sering terjadi kalau beli Mobil bekas, pas di coba kelihatan enak, cek fisik OK tapi begitu dibeli, berapa bulan pakai baru kelihatan dimana rusaknya. Dulu kami mengalaminya :)

    Memang harus lebih jeli kalau mau beli mobil bekas atau kalau ga ngerti soal mobil mending serahkan sama ahlinya aja kali ya :)

    ReplyDelete
  18. Acaranya pasti seru banget nih, Omith~
    Satu hal yang harus diperhatikan banget kalau beli kendaraan itu buat aku ya pokoknya jangan sampai itu kendaraan pernah kecelakaan. Karena kadang, mistisnya suka ada gitu :3

    ReplyDelete
  19. Waktu kepikiran mau beli mobil bekas, mama sempet bilang jangan beli mobil bekas dari Jakarta, rawan bekas banjir. Aku bingung nyarinya gimana ngeceknya gimana. Eh, dikasih tipsnya sama mbak Mitha, makasi!

    ReplyDelete
  20. mobil88 memang terkenal banget dalam hal jual-beli mobil bekas. dealernya aja gede-gede banget kayak dealer pabrikan mobil lainnya.

    ReplyDelete
  21. Membeli mobil bekas emang sebaikny berhati2 ya?
    Kalau kata bapak saya baiknya bawa org yg ngerti seluk beluk mobil hehe
    TFS tipsnya ya

    ReplyDelete
  22. Kalo mobil bekasnya tua bgt bs jadi antik tergantung kondisi jg ya, Mbak. Yg penting lg surat2 kepemilikan jg jelas

    ReplyDelete
  23. Mobil88 bs jadi alternatif saat nanti beli mobil bekas yg bagus

    ReplyDelete
  24. Gue bolak balik donk ke atas ke bawah, Mbak. Nyari udh komen apa belum.

    Hahaha

    Gue selalu menjadikan mobil123 sebagai rujukan pas cari harga mobil. Tapi kemudian, yang dicaei yang jualnya langsung. Yang punya. Bukan via perantara

    ReplyDelete
  25. Kalau lihat Hyundai, aku selalu keingetan beberapa drama Korea yang di sponsori oleh merk ini.

    Jaman sekarang memang harus lebih jeli dalam membeli barang. Mobil88 bisa jadi tempat kita mengadu *eh...konsultasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah. Mobil. Belum kepikiran jauh mau memilikinya. Masih suka berpetualang dengan angkutann umum di Jakarta. Hahahaaha.

      Kalau benar, dan semoga benar, kelak tidak menetap di Jakarta lagi, bisalah ya membeli mobil bekasan. Lha saya tidak mahir naik motor pula. Hahaha..

      Delete
  26. Paling penting sih jeli mengecek mesin luar dalam dan performanya sebelum membeli. Harus ngajakin orang yang expert plus membeli di showroom 2nd yang terpercaya supaya aman dan terkendali

    ReplyDelete
  27. Oh jd patokannya kl beli mobkas, jgn lewat dr 5 taun ya kaak ...

    ReplyDelete
  28. Beli Mobil Bekas tidak masalah ya Mba, asalkan kita bisa memilahnya dan pastinya beli ditempat yang terpercaya ya :)

    ReplyDelete
  29. Ini mba omith yang dulu kita kerjasama bareng kah?Wah baru pertama mampir dimari...
    :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.