Kenali Si Kecil Alergi Susu Sapi



























Jakarta-Ceritaomith.com Sebagai ibu ada kecemasan ketika si kecil disinyalir terkena alergi. Alergi bisa macam-macam datangnya. Kemungkinan riwayat alergi kedua orang tuanya bisa menyebabkan si kecil terserang alergi juga. Alergi bisa macam-macam seperti alergi makan seafood, alergi udara, alergi susu sapi dan lainnya.


Suami saya mempunyai riwayat alergi susu sapi, bisa jadi anak saya, Bre A.Panuluh ( 3,5 tahun) sama seperti papinya. Hanya saja saya sampai sekarang belum tau persis apakah benar Bre alergi susu sapi. Waktu masih bayi Bre ASI eklusif sampai hampir 1 tahun. Setelah itu lanjut dengan susu sapi, Bre suka sekali minum susu sapi, sayangnya kalau kebanyakan dia sering batuk pilek bahkan muntah. Pernah saya coba minum susu kedelai murni, dia tidak suka dan menolak tiap kali diganti dengan susu kedelai. Kembali lagi konsumsi susu sapi, namun jatahnya mulai dikurangi saja.


Tidak sebanyak waktu dia berumur 2 tahun. Daripada mengada dan meraba-raba tentang penyakit anak, pas banget menyimak talkshow yang penting buat saya tahu untuk anak yang terkena alergi dengan pakarnya, DR. Dr. Zakiudin Munasir SpA (K) Konsultan Alergi Imunologi Anak.


Chef Deny demo masak special menu untuk dikonsumsi si Kecil yang alergi

                         



Acara ini dimulai dengan demo masak makanan bernutrisi khusus untuk si kecil yang allergy susu sapi oleh Chef Deny. 10 Moms Loyal yang hadir juga ikut serta dalam Royal Cooking Competition.


Chef Deny akan melakukan demo masak makanan bernutrisi khusus untuk si Kecil yang allergy susu sapi. Moms bisa melihat demo masaknya langsung dan lalu memasak ulang dan berkompetisi dalam Royal Cooking Competition tersebut.


Makanan banyak mengandung soya, sangat bagus untuk anak yang alergi. Chef Denny lg bikin menu Creamy Omega Pasta dg Ikan Kembung yang kaya akan asam amino. Masakan ini dibuat dengan menggunakan produk Nutrilon Royal Soya.


Perlu di ketahui ya, cara masaknya saat memasukkan susu Nutrilon Royal Soya itu paling tepat pada saat bagian terakhir ya bukan pada saat api sedang menyala. Jadi ditambahkan di bagian finishing agar tidak rusak kandungan gizinya. Baru kemudian pasta dimasukkan lalu diaduk.
live FB Nutrilon Club Indonesia-source mom Eni

                                 

Semua Moms terlihat serius sekali ya melihat dan mendengarkan demo masaknya. Mereka sudah siap ditempat duduknya sesuai dengan nama timnya yang sudah diinfokan oleh MC Jessica Williams.


Juri Royal Cooking Competition nya ada Chef Deny, Dyah Basorie– Brand Manager Nutrilon Royal Soya, dan DR.Dr.Zakiudin Munasir SpA(K), Ahli Imunologi Alergi Anak. Pada jagoan semua ya moms nya masak untuk si kecil yang alergi susu sapi hanya 45 menit saja sudah jadi masakan yang lezat cukup gizi dan nutrisi yang pas.


Setelah brekompetisi pemenangnya jatuh pada tim Supermom, mom Ucy dan Rica, selamat!



                       



Sesi kedua acara dilanjutkan talk show dengan pakar Expert Talk Show bersama DR.Dr.Zakiudin Munasir SpA(K) Konsultan Alergi Imunologi Anak Expert menyampaikan materi agar Ibu dapat #KenaliAlergiLebihAhli dengan materi sebagai berikut:


1. Nutrisi tepat untuk anak yang alergi susu sapi


2. Mitos & fakta seputar formula soya


3. Formula Soya sebagai solusi untuk si Kecil yang alergi susu sapi.


Dokter akan menyampaikan materi seputar allergy dengan lengkap dan moms juga interaktif bertanya melalui facebook live.


Mengapa si kecil yang alergi terhambat pertumbuhannya ?


· Diagnosis terlambat


· Kejadian penyakit di usia dini


· Alergi beragam makanan


· Eliminasi beragam makanan dari diet si kecil


· Eliminasi makanan dengan nilai nutrisi yang tinggi


· Tidak patuh terhadap manajemen diet


· Pembatasan yang ekstrim terhadap makanan





Apa pentingnya Intervensi nutrisi? Ketika si kecil terserang alergi susu sapi, langkah-langkah harus diambil buat seorang ibu :


ü Mencegah reaksi alergi


ü Memastikan tumbuh kembang yang sesuai


ü Mengenali & menangani malnutrisi





Apakah kedelai rumahan sama dengan formula soya?



Biasanya kita mau ambil simple saja daripada membeli susu formula kedelai, mencoba membuat kedelai rumahan untuk si kecil yang alergi susu sapi.


Sari kedelai buatan rumahan berbeda dengan formula soya dan tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada sikecil. MENGAPA?


Sari kedelai murni masih mengandung tinggi aluminium, isoflavon sertafiloestrogen. Formulanya hanya mengambil isolate protein kedelai yang telah difortifikasi oleh beragam asam amino dan mineral sehingga tetap mendukung tumbuh kembang si kecil. Susu kedelai murni itu asam aminonya sangat kurang dibandingkan susu sapi dan si kecil sangat membutuhkan nutrisi asam amino dimasa pertumbuhannya. Asam amino bisa didapatkan dari ikan, bila si kecil ternyata terkena alergi susu sapi sebaiknya di sarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan misalnya ikan kembung. Kandungan omeganya ternyata lebih banyak ketimbang ikan salmon, dan harganya lebih terjangkau.




Mitos dan Fakta Formula Soya


Fakta : Studi yang dilakukan pada anak usia 9-10 tahun yang pernah diberikan formula soya dan ASI selama tahun pertama kehidupan hasilnya tidak ada perbedaan dalam IQ, gangguan perilaku, gangguan belajar atau masalah emosi antara kedua kelompok tersebut.


Fakta : Sebuah studi menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam jumlah sel limfosit B, limfosit T atau sel NK, jumlah IgA, IgG dan IgM serta titrasi antibody terhadap virus polio pada anak yang diberikan susu ASI, susu formula standar maupun formula soya.


Bunda, kita perlu tahu ya dampak alergi itu apa saja,





Alergi memiliki dampak yang signifikan bagi si Kecil, keluarga bahkan dalam masyarakat, Mengapa?





Dampak Kesehatan :



Mengakibatkan meningkatnya resiko penyakit degenerative seperti obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung


Anak dengan alergi mengalami keterlambatan pertumbuhan, karena berhubungan dengan jenis dan durasi pantang makanan. Jadi anak susah makan, ketika anak harus mendapatkan nutrisi makanan yang seharusnya dia konsumsi menjadi halangan buat anak akibatnya si kecil kekurangan nutrisi. Sedih ya bunda kalau ini sampai terjadi pada si kecil.





Dampak Ekonomi


Biaya pengobatan meningkat , meningkatnya biaya tidak terduga secara tidak langsung. Jelas menguras kocek ya bunda, kalau beberapa kali ke dokter untuk pengobatan dan pengeluaran belanja makanan atau minuman alternatif lainnya akibat si kecil susah atau pantang mengkonsumsi makanan atau minuman.





Dampak Psikologi

Stres pada anak dan orangtua, menurunkan kualitas hidup. Kalau orang tuanya stress biasanya di barengi si kecil juga ikut stress juga otomatis.





Cek ya bunda, apakah si kecil terkena gejala alergi Susu Sapi ?


Gejala Alergi Susu Sapi (ringan)


a. Saluran pencernaan : regurgitasi berulang, muntah, diare, konstipasi, darah pada tinja dan kolik


b. Kulit : Dermatitis atopic, angioedema, urtikaria


c. Saluran pernapasan : Pilek, batuk kronik, mengi


d. Lain-lain : anemia, defisiensi zat besi (kekurangan zat besi )





Gejala Alergi Susu Sapi Golongan Berat



a. Saluran pencernaa : gagal tumbuh akibat diare/ regurgitasi


b. Kulit : dermatitis atopic berat


c. Saluran Pernafasan : obstruksi saluran nafas dengan kesulitan bernafas


d. Lain-lain : syok anafilaksis, Anemia defisiensi besi berat ( berakitbat berat badan kurang dari target umur)






Tidak usah risau ya bunda, kita harus berjuang bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil supaya tercukupi nutrisi yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembangnya tanpa menghalangi kreatifitasnya.



source-mom Leyla

                               

Alternatif solusi


Soya sebagai nutrisi alternative bagi si kecil yang memiliki alergi susu sapi


a. Dipertimbangkan sebagai terapi pada ASS (Alergi Susu Sapi) karena harga yang lebih terjangkau dan penerimaan yang lebih baik.


b. Tidak ditemukan adanya bukti yang kuat bahwa terdapat efek samping yang tidak diinginkan pada tumbuh kembang maupun hormone


c. Direkomendasikan oleh IDAI sebagai salah satu alternative nutrisi pada anak ASS usia 012 bulan dengan penggunaan dibawah pengawasan dokter.


d. Tidak dapat digunakan sebagai pencegah penyakit alergi pada bayi dengan resiko tinggi atau bayi sehat.






Bunda bisa menyimak ulang acara demo masak dan talk show tentang cara membuat makanan sehat untuk si kecil yang alergi susu sapi dan bunda perlu tahu apakah si kecil terkena alergi, gejalanya apa, dampaknya apa dan penangananya dari pakar yang mumpuni cek di link




LINK FB Nutriclub Indonesia, like facebookny juga ya bunda banyak info seputar tumbuh kembang si kecil.


www.facebook.com/nutriclubindonesia






Bunda cantik, ada pengalaman anaknya terkena alergi susu sapi, sharing donk?


Salam sehat buat si kecil :-*











25 comments:

  1. Abhi juga alergi. Alhamdulillah sudah menemukan susu yang pas yakni soya

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya akan lebih baik jika beberapa kata ada yg dipermudah sih, Bunda. Semacam regurgitasi gitu. Beberapa mungkin belum paham kata itu. Padahal lebih simpel jika bilang, makanan yang dimakan malah dimuntahkan lagi.

    ReplyDelete
  3. Wah saya akhirnya tau bedanya susu kedelai rumahan dan sufor soya. Memang kalo di buat sama ahli2 nutrisi takarannya pasti lebih pas ya

    ReplyDelete
  4. Mirip kejadian pada keponakan saya yang alergi susu sapi, akhirnya saat ini mengonsumsi susu soya.

    Awalnya agak merepotkan, tetapi lama-lama terbiasa untuk memberikan makanan lain yang bergizi. Cara membuat makanan sehat untuk si kecil yang alergi susu sapi menarik, bisa saya sampaikan ke sepupu saya juga tips yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  5. Temanku juga ada yg alergi susu, awalnya kaya aneh gitu, tapi pas ngeliat dia maksa minum susu dengan usianya yg sudah 20 tahun terus alerginya muncul jadi ngerasa gak enak wktu itu sempet kepikiran dia aneh.

    ReplyDelete
  6. Apakah semua susu Formula itu berasal dari Susu Sapi?

    ReplyDelete
  7. Baru tahu, kalau susu kedelai rumahan nggak boleh dikonsumsi sembarangan, hehehe. Saya juga alergi, tapi alergi ikan, itu dulu, setelah diterapi dan badan udah kuat alergi lenyap.

    ReplyDelete
  8. Aku juga nonton live-nya mbak, aduh ketauan cetek bgt ilmuku ttg alergi pada susu sapi, kukira susu kedele homemade bisa jd peganti susu formula soya

    ReplyDelete
  9. Walahhhhh Bahasanya berat-berat membuat ku berfikir dan mencari artinya dahulu ......

    tapi dengan ini lumayan tahu bagaimana menangani anak yang kena alergi susu sapi

    ReplyDelete
  10. Pernah denger baby yg alergi susu sapi,tp krna gk ngalamin jdi kurang concern sm maslah itu. Ternyata ada tingkatan gejala2 ny kayak muntahin lagi mkanan. Semoga gejala awalnya bisa cpet diidentifikasi biar cpet ada tindakan dr orgtua.

    ReplyDelete
  11. Alergi susu sich enggak aku untungnya. Tapi aku gak doyan susu dari kecil meski soya atau apapun. Jadilah minum air putih aja. Tapi badan tetep aja mekar kemana-mana hihi

    ReplyDelete
  12. sempet khawatir juga sama mitos bahwa susu kedelai berkaitan dengan hormon, tapi ternyata kalau dengan formula soya aman ya

    ReplyDelete
  13. saya sepertinya tidak ada alergi susu mba.. mau susu kambing, susu sapi, susu formula bahkan susu kemasan lainnya pun saya minum gak ada efek samping/alerginya.

    susu soya juga pernah mengkonsumsi dan aman saja..

    ReplyDelete
  14. kasihan kalau sudah menderita alergi susu sapi. untung nutrisinya bisa tetap tercukupi dengan formula soya

    ReplyDelete
  15. Acara yang sangat bermanfaat. Apalagi yang di rumah juga bisa ikutan acaranya dan mendapatkan hadiah ya di Facebook Nutriclub Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Anak pertama waktu kecil alergi susu sapi, alternatif ya pake susu soya, cuma waktu itu adanya dari produk SGM yang terjangkau sih.

    ReplyDelete
  17. jangankan untuk anak-anak,orang dewasa aja bakal terganggu banget kalau udah kena alergi. aku punya temen blogger yang sampe harus berobat ke dokter ahli dan ngeluarin kocek nggak sedikit karena alerginya.

    untuk anak-anak, orang tua yang musti teliti perhatiin ya apakah anaknya punya alergi apa nggak, khususnya terhadap susu sapi. karena ya bener seperti yang mbak bilang, kalau nggak ditangani dengan tepat, kasian pertumbuhan anaknya bisa terganggu.

    ReplyDelete
  18. Abhirama sempat alergi susu sapi, namun sekarang menemukan solusinya yakni konsumsi susu soya. Semoga orang tua lainnya juga bisa mendapat informasi soal alergi ini. Jadi anaknya gak terhambat tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tahu kalau susu kedelai tumahan gak bisa diberikan sembarang ke anak anak. Huhu dulu anakku sempat konsumsi. Alhamdulillah perutnya gak bermasalah.


    Yang alergi susu sapi malah aku. Kebanyakan minum, pasti perut jadi sakit.


    Untung ada Soya ya, anak anak yang alergi ada alternatif susu

    ReplyDelete
  20. Sepertinya anaku juga alergi susu sapi..
    Taunya dari pengamatan aja sih...

    Habis minum susu badannya merah2.. suka buang angin.., bahkan bikin hidung ber- air..

    Akhirnya inisiatif pake sita..eh sampai sekarang cocok BAB juga lancar..

    ReplyDelete
  21. Alergi susu sapi memang masih tabu di Indonesia karena most of us usually are tolerant with susu sapi. Beda halnya di luar negeri seperti Amerika. Dan bener banget mengenal alergi ini sangat penting sedini mungkin agar tidak menimbulkan masalah dikemudian harinya. Informatif sekali post-nya, namun aku setuju sama Kak Farhan bahwa ada beberapa kata yang susah dimengerti oleh khalayak ramai.

    ReplyDelete
  22. Sama seperti temen-temen yang komentar, ada beberapa kata yang mungkin bisa disederhanakan atau dijelaskan pengertiannya, dermatitis atopic misalnya, saya sampai Google dulu

    Padahal informasinya bagus nih tentang alergi susu sapi, saya harus paham sedini mungkin tentang hal ini sebelum dede Gladio gede

    Kare

    ReplyDelete
  23. aku pernah menulis tema serupa nij mbak omith...

    walau dulu itu kaget sih ya, kok susu itu bikin alergi, hahhaah selama ini tahunya cm alergi seafood, debu dan telor doang.

    btw kalau sudah ada susu soya seperti ini, lumayan membantu anak anak yg masih memerlukan nutrisi tp ternyata intoleransi laktosa.. jadi mereka ttp dapat asupan gizi yg sesuai kebutuhan usia mereka

    ReplyDelete
  24. Nah iya mba. Deteksi yang terlambat biasanya bisa memperparah alergi dan mengganggu tumbuh kembang si kecil. Kasian ya.. untungnya sekarang metode pemberian mpasi makin baik jadi bisa tes dulu satu2 bahan makanan dan reaksi si kecil..

    Pemberian susu yg tepat juga penting ya. Seru banget deh sepertinya acaranya ya mba. Padat ilmu..

    ReplyDelete
  25. Anak-anakku juga nurun bapaknya alergi gtu mbak.
    Saya belum cek sih, insyaAllah abis ini mau cek, nunggu siap mental anak dan dompet emaknya hehe :p
    Sementara ini paling banter ya menghindari pencetusnya dahulu deh :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus.